Seminar Online Berbasis Web Cegah Covid-19 dari Rumah

62487

Medan I rakyatmedan– Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ( UMSU) menggelar seminar online berbasis web (Webinar) bertajuk mencegah Covid-19 dari rumah sebagai bagian partisipasi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Kegiatan webinar cegah covid-19 dari rumah merupakan bentuk kepedulian UMSU akan pandemi yang sedang terjadi di Indonesia sekaligus untuk mengambil peran dalam hal penanganan Covid -19,” kata Rektor UMSU, Dr Agussani MAP, Senin (6/4/2020).

Rektor yang diwakili Wakil Rektor 3, Dr Rudianto, S.Sos, MSi pada pembukaan seminar menyebutkan, UMSU sejauh ini telah melakukan sejumlah upaya untuk mencegah penularan virus covid-19.

Diantara yang sudah dilakukan yakni, pembentukan Tim Peduli Covid-19, edukasi melalu webinar serta membuka donasi untuk para medis dan juga masyarakat di sekitar kampus yang terdampak dan mengalami permasalahan ekonomi, termasuk membantu mereka yang membutuhkan uluran tangan.

” UMSU juga sedang mengatur dan menyusun sistem untuk meringankan mahasiswa agar tidak terkendala dalam proses belajar mengajar, seminar dan juga sidang melalu online dan untuk alurnya akan segera di buatkan surat edaran,” katanya.

Ketua Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubasu Bisnis UMSU, Dewi Andriany, SE., MM salah seorang narasumber mengatakan, keberadaan di rumah selama social distancing bisa di mananfaatkan menjadi sebuah peluang usaha.

“Di rumah aja bukan berarti kita tidak bisa membangun sebuah bisnis dan juga usaha. Dengan memanfaatkan media sosial dan juga online, banyak yang bisa kita tawarkan seperti menjual preloved, pakaian, makanan dan minum, juga menjual jasa yang kita miliki seperti desain grafis, youtuber dan lain sebagainya, yang tentunya menambah penghasilan kita,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Dr. Dewi Kesuma Nasution SS MHum yang juga Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSU selaku moderator Webinar.

“Tidak ada alasan selama waktu di rumah untuk berdiam diri tanpa mengupgrade kemampuan,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Student Research and Creativity Center, Fatimah Sari Siregar SPd MHum menjelaskan, waktu luang bisa dimanfaatkan dengan melakukan hal-hal kreatif yang bisa jadi berasal dari hobi.

Disebutkannya perbanyak mencari informasi tentang lomba dan kompetisi seperti yang sedang dilakukan UMSU yaitu lomba poster dan vlog.

Kirim tulisan ke media massa, melakukan kegiatan amal melalui online, melatih hoby yang terpendam, dan merancang sebuah project bersama teman.

“Pada intinya di rumah aja bukan berarti enggan untuk mengeluarkan ide kreatif dan tetap menjadi mahasiswa yang produktif,” katanya.

Sementara itu, dr. Masliana Siregar SpTHT-KL yang juga Ketua Tim UMSU Peduli Covid’ 19 mengingatkan, dalam menghadapi situasi dan kondisi seperti ini harus mampu bersikap tenang dan tidak panik serta tetap mengikuti aturan protokol yang telah disampaikan, tidak bepergian dan tetap mengisolasi diri secara mandiri dirumah.

” Hal yang terpenting menerapkan physical distancing, menjaga jarak fisik antara satu dengan yang lain nya,” katanya.

Pihaknya saat ini terus berupaya memberikan edukasi tentang bagaimana cara mencegah dan berprilaku agar terhindar dari pandemi covid 19. ( rm-04)