Tanggap Dampak Covid-19, LLDikti Sumut Bagikan Sembako pada Warga

39253

Medan I rakyatmedan – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara membagikan 160 paket sembako bagi para masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Kami membuat kegiatan berbagi atau memberikan sumbangan kepada saudara-saudara kita yang pada saat ini merasakan dampak dari penyebaran virus Covid-19,” kata Ketua Pengurus DWP LLDikti Wilayah I Erna Lindiawati Dian Armanto, Selasa (21/4/2020).

Disebutkannya, tujuan dari penyaluran bantuan sembako ini adalah wujud partisipasi berbagi dari DWP LLDikti Wilayah I untuk meringankan beban penderitaan masyarakat.

Pembagian paket sembako dilakukan pada 14 April 2020 lalu itu disalurkan kepada tukang beca, ojol, pemulung, pembantu rumah tangga yang di-PHK, guru ngaji.

Selainn itu juga tuna netra yang profesinya tukang kusuk namun saat ini tidak ada yang memakai jasa pemijatan, tukang kebun, penjaga sekolah, cleaning service, satpam dan juga anak-anak yatim di panti asuhan.

Menurutnya kalangan tersebut merupakan kelompok yang paling terpapar dan mengalami kesulitan ekonomi akibat terhentinya beberapa kegiatan usaha yang selama ini menjadi sandaran hidup mereka karena berjangkitnya pandemi Covid-19.

 

“Adapun cara pembagiannya kami acak dengan cara berkeliling dan melihat kelayakan untuk diberi sembako. Dengan demikian kami dapat membagikannya kepada orang dari berbagai latar belakang profesinya,” sebutnya.

Erna mengakui, tidak semua masyarakat bisa mendapatkan paket sembako yang dibagikan tersebut. Namun, kata Erna, paling tidak DWP LLDikti Wilayah I sudah berusaha membantu 160 keluarga agar dapat bertahan untuk menyambung kehidupannya untuk beberapa hari.

Dijelaskannya, dana untuk membeli paket sembako itu diperoleh dengan mengumpulkan donasi pribadi dari beberapa rektor perguruan tinggi swasta (PTS), dosen-dosen DPK LLDikti Wilayah I.

“Selain itu donasi tentunya juga dikumpulkan dari pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan LLDikti Wilayah I yang secara iklas memberikan sebahagian rezekinya untuk kegiatan berbagi itu,” pungkasnya.

Sembako yang dibagikan setiap paketnya terdiri dari 5 kg beras, 2 liter minyak, 1 kg gula pasir, 1 papan telur, dan mie instant.

Sementara itu Kepala LLDikti Sumut Prof Dian Armanto mengatakan, pembagian sembako ini sebagai bentuk kepedulian di tengah situasi pandemi virus corona atau Covid-19.

Dian berharap bantuan itu dapat sedikit membantu warga di tengah Pandemi Covid-19.

Menurut Dian, dalam menyikapi wabah virus corona ini dia juga mengimbau kepada warga untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan tidak keluar rumah tanpa memakai masker.

Kemudian menjaga jarak minimal satu meter, jaga kesehatan dan kebersihan dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun. (rm-04)