Undhar Terima SK Izin Pembukaan Prodi Magister Ilmu Hukum

25282

Medan I rakyatmedan – Universitas Dharmawangsa ( Undhar) Medan menerima salinan SK Prodi Magister Hukum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diserahkan melalui Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto, Rabu (6/5/2020)

Salinan SK tersebut diserahkan kepada Yayasan Pendidikan Dharmawangsa dan diteruskan ke Rektor Dharmawangsa.

“Kami bersyukur pada tahun ini Undhar khususnya program Pascasarjana memeroleh izin penyelenggaraan Magister Hukum,” ungkap Rektor Undhar Dr H Kusbianto SH MHum, Rabu (13/5/2020).

Diakuinya, dengan diterimanya SK Prodi Magister Hukum itu merupakan berkah di bulan Ramadan sekaligus tantangan bagi Undhar.

“Apa yang kita dilakukan berdasarkan arahan LLDikti Wilayah I yang mengimbau agar perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumut termasuk Undhar membuka program S2. Ini dilakukan guna
pengembangan sumber daya manusia yang memliki kualifikasi keahlian di bidang hukum,” katanya.

Capaian yang diraih Undhar ini kata Kusbianto tidak bisa terjadi tanpa dukungan dan komitmen dari pihak yayasan dan universitas.

Menurut Kusbianto, pihaknya berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan program pasca sarjana/S2 hukum ini sesuai dengan visi misi Undhar yang salah satunya adalah menekankan pendidikan di bidang kewirausahaan.

Pada program pascasarjana ilmu hukum ini nantinya akan diselaraskan dengan visi dan misi Undhar yaitu bagaimana menekankan aspek kewirausahaan yang terkait dengan hukum baik itu hukum perdata maupun hukum pidana.

Untuk itu, Kusbianto menegaskan, Undhar berusaha sekuat tenaga bagaimana melakukan peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran dan kualitasnya.

Upaya untuk itu, pihaknya menyatakan kesiapan Undhar dalam pelaksanaan program pendidikan pascasarjana ini baik dari segi sarana maupun prasarana serta tenaga pengajar.

Kusbianto mengaku secara umum Undhar telah siap baik itu menyangkut ruang perkuliahan hingga tenaga pengajar atau dosen yang mumpuni.

“Saat ini kita telah mempunyai lima dosen tetap terdiri 4 berkompetensi Doktot atau S3 dan 1 Profesor serta prakrisi yang memiliki pengelaman yang cukup tinggi dengan berlatar belakang sebagai Direktur SDM PTPN II, Dr Marisi Butar-butar SH MH yang juga merupakan alumni Dharmawangsa, Notaris Sumatra Utara, Dr. Rilawadi dan Rektor Amir Hamzah Prof Dr Tarmizi,”ungkap Kusbianto.

Dengan diberikannya SK pembukaan program pascasarjana pada Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum ini, maka pihaknya telah membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru untuk tahun akademik 2020-2021.

Dibukanya pendaftaran mahasiswa baru program magister ilmu hukum ini seiring dengan telah diterbitkannya surat keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 488/M/2020 tanggal 30 April 2020 tentang izin pembukaan program studi ilmu hukum program magister kepada Universitas Dharmawangsa mulai tahun pelajaran 2020-2021 ini.

Bagi calon mahasiswa baru program S2 ini akan mengikuti perkuliahan Jumat dan Sabtu mulai pukul 14.30 Wib sampai 20.00 Wib.

Sedangkan biaya kuliah 1 semester Rp 6 juta ditambah uang pendaftaran Rp 1 juta. Khusus alumni S-1 Hukum Undhar akan mendapatkan diskon 30 persen dan masyarakat umum diskon 20 persen uang kuliah.

Kusbianto menuturkan pendaftaran dapat dilakukan secara online dan bisa langsung daftar ke Universitas Dharmawangsa.

BEASISWA

Pada kesempatan itu juga, Yayasan Pendidikan Dharmawangsa memberikan bantuan beasiswa kepada 50 mahasiswa S-1 yang terdampak corona virus desearse (Covid) 19.

“Beasiswa itu kita berikan gratis biaya kuliah sampai tamat studi dengan kriteria masyarakat kurang mampu dan berprestasi akademik IPK tertinggi dan beretika sopan santun,” kata Kusbianto yang merupakan alumnus Doktor Pascasarjana USU.

Menyinggung mahasiswa baru S1, Kusbianto menambahkan ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan 3 gelombang dan juga memberikan diskon bagi pendaftar mahasiswa baru mulai Februari sampai Juli 2020.

Undhar kini memiliki 6 fakultas yakni, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perikanan, Fakultas Agama Islam dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. (Swisma)