Pendaftar PPDB SMAN/SMKN Terus Bertambah dari 14 Daerah di Sumut

52546

Medan I rakyatmedan -Pasca dibukanya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA Negeri dan SMK Negeri lewat sistem online di Sumatera Utara (Sumut) pada hari ketiga Kamis (28/5/2020) terus bertambah.

“Berdasarkan data yang masuk sampai pukul 08.00 WIB saat ini sebanyak 6.047 siswa dari 14 kabupaten dan kota di Sumut,” kata Sekretaris PPDB Disdiksu 2020 Drs Saut Aritonang SH MHum, Kamis (28/5/2020).

Sebelumnya pada hari pertama pembukaan pendaftaran PPDB Selasa (26/5/2020) lalu, kata Saut tercatat 2.055 siswa.

Untuk seleksi PPDB tahun ini, panitia meniadakan sistem seleksi tatap muka yang sebelumnya dilakukan untuk jalur seleksi prestasi dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Peserta yang telah mendaftar tersebut merupakan jalur siswa prestasi yang proses pendaftarannya dilakukan dari rumah secara online lewat aplikasi PPDB pada android

Dijelaskan Saut, pendaftaran online PPDB se Sumatera Utara untuk jenjang SMA Negeri dan SMK Negeri yang dimulai sejak Selasa (26/5/2020) dilakukan secara bertahap dan proses pendaftaran dilakukan melalui empat jalur.

Keempat jalur tersebut yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/ wali dan/ atau anak guru setempat dan jalur prestasi akademik dan prestasi non akademik.

Pada jalur zonasi paling sedikit 50% dari daya tampung Sekolah. Untuk jalur afirmasi paling sedikit 15% dari daya tampung Sekolah dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau anak guru setempat paling banyak 5% dari daya tampung Sekolah.Sedangkan jalur prestasi akademik dan non akademik kuotanya maksimal 30%.

Saut mengatakan, PPDB online dilaksanakan bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara objektif, akuntabel, transparan dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses dan mutu layanan pendidikan.

“Untuk proses pendaftaran dan seleksinya tidak dikenakan biaya alias gratis,” kata Saut.

Saut juga mengimbau peserta untuk tidak mempercayai jika ada pihak yang menawarkan jasa atau menjanjikan kelulusan masuk SMA Negeri dan SMK Negeri di Sumut.

Para calon perserta didik baru dapat mengakses informasi dan syarat pendaftaran pada halaman https://ppdb.disdik.sumutprov.go.id.

Adapun waktu Pendaftaran PPDB Online bagi SMAN dan SMKN terdiri atas dua gelombang yaitu pertama 26 Mei – 8 Juni untuk jalur prestasi akademik dan non akademik, jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau anak guru, dan jalur afirmasi.

Selanjutnya gelombang kedua pada 19-27 Juni 2020 untuk pendaftaran peserta khusus jalur zonasi .

“Jika ada siswa yang tidak lulus pada gelombang pertama, maka dia bisa kembali mencoba mendaftar di jalur zonasi,” kata Saut.

Adapun pendaftaran Jalur Prestasi Akademik dan Non Akademik, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dan/atau Anak Guru, dan Jalur Afirmasi dilaksanakan dalam 3 kelompok berdasarkan kabupaten/kota wilayah kerja cabang dinas pendidikan sebagai berikut:

Tahap pertama (4 hari kerja) 26 – 29 Mei 2020 meliputi Cabang Dinas (Cabdis) Gunungsitoli (Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, dan Nias Barat), Cabdis Teluk Dalam (Kabupaten Nis Selatan dan Nias Utara, Cabdis Sibolga (Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah), Cabdis Padangsidimpuen (Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapnuli Selatan dan Mandailing Natal), Cabdis Gunung Tua (Kabupaten Padang Lawas dan Padang Lawas Utara) dan Cabdis Humbang Hasundutan (Kabupaten Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara).

Tahap kedua (4 hari kerja) pada 30 Mei – 2 Juni 2020 dibuka untuk pendaftaran wilayah kerja Cabdis Balige (Kabupaten Toba Samosir dan Samosir), Cabdis Rantauprapat (Kabupaten Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan), Cabdis Kisaran (Kabupaten Asahan dan Batubara), Cabdis Tanjung Balai (Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Labuhan Batu Utara), Cabdis Siantar (Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun), Cabdis Kabanjahe (Kabupaten Karo, Dairi, dan Pakpak Bharat) dan Cabdis Sergei  (Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai).

Tahap ketiga (4 hari kerja) 3 – 8 Juni 2020 meliputi Cabdis Stabat (Kota Binjai dan Kabupaten Langkat), Cabdis Medan Utara (Kota Medan, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Medan Utara), Cabdis Medan Selatan (Kota Medan, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Medan Selatan), Cabdis Lubuk Pakam (Kabupaten Deli Serdang, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Lubuk Pakam), Cabdis Sunggal (Kabupaten Deli Serdang, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Sunggal). (rm-04)