Cegah Penyebaran Covid-19, USU akan Gelar Wisuda Online

76938

Medan I rakyatmedan-Universitas Sumatera Utara (USU) akan menggelar wisuda online di tahun akademik 2020.

“Kebijakan tersebut dilakukan dikarenakan pandemi corona di Sumut belum berakhir,” kata Wakil Rektor I Prof Dr Ir Rosmayati MS, Senin (15/6/2020).

Disebutkannya, pelaksanaan wisuda daring itu tertuang dalam Surat Edaran Tentang Wisuda Online Nomor: 5277/UN5.1.R1/SPB/2020 yang dikeluarkan, Jumat (12/6/2020).

Dalam surat edaran itu disebutkan kebijakan wisuda online ini sehubungan dengan kewaspadaan dan pencegahan penularan Covid-19 untuk tidak melakukan pertemuan dalam jumlah besar dan mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di Sumut.

Wisuda yang semula berupa upacara langsung diganti menjadi upacara secara daring (online).

Dia juga menyebutkan dalam surat edaran itu wisudawan dan wisudawati menyiapkan antara lain: berpakaian toga lengkap (toga, Map dan Selempang) yang dapat diambil di fakultas masing-masing paling lama 16 Juni 2020.

Elvi menambahkan, wisudawan dan wisudawati harus merekam video posisi berdiri sendiri lengkap dengan baju Toga, topi dan selempang fakultas durasi 5 detik.

Selanjutnya video posisi berdiri diapit orang tua/wali/kerabat durasi 5 detik.

Penyerahan Map Ijazah kepada wisudawan/wisudawati oleh orang tua/wali/kerabat durasi 5 detik, dan pemindahan jumbai dari kiri dan kanan bagi wisudawan/wisudawati jenjang sarjana durasi 5 detik.

Orang tua/wali/kerabat perempuan berpakaian kebaya atau kartini dan laki-laki berpakaian jas atau Batik.

Contoh video wisuda yang harus direkam dapat dilihat pada link.

Hasil rekaman video disimpan di format namawisudawan_NIM_fakultas_jenjang. Contoh Budi Utina_1234567890_Fakultas Ekonomi dan Bisnis_S1.

Video dikirim melalui email videowisuda@usu.ac.id paling lambat 22 Juni 2020.

Disinggung kapan pelaksanaan wisuda secara online atau daring, Elvi mengatakan masih tentatif. (rm-04)