Taman Budaya Pindah ke PRSU, Wagubsu Berharap dapat  Semakin Tingkatkan Semangat Seniman Sumut Berkarya

29667

Medan | rakyatmedan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) segera memindahkan Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) dari Jalan Perintis Kemerdekaan Medan ke kawasan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Jenderal Gatot Subroto. Kesiapan pemindahan itu ditinjau langsung oleh Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah, Jumat (26/6/2020).

“Pemprov Sumut berencana untuk memindahkan UPT Taman Budaya yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan ke Pekan Raya Sumatera Utara. Tempatnya lebih baik, lebih luas dan lebih representatif untuk menampung karya dari para pegiat seni di Sumut,” ujar Wagub Musa Rajekshah, saat meninjau lokasi PRSU.

Bersama dengan Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu M Fitriyus, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ria Telaumbanua dan Kepala Bappeda Sumut Hasmirizal Lubis, Wagub melihat langsung kondisi gedung dan ruangan yang bakal dijadikan TBSU.

“Harus ada ruang rapatnya, kalau perlu jebol dua ruangan menjadi satu untuk ruang rapat,” pinta Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Ijeck pun berharap, dengan pemindahan tersebut, UPT Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut dan BUMD Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) dapat saling bersinergi untuk mengisi dan meramaikan PRSU.

“Nanti UPT Taman Budaya akan saling mendukung dengan BUMD PPSU untuk meramaikan lokasi ini. Mudah-mudahan ke depan lokasi ini tidak hanya digunakan untuk event tahunan PRSU saja, tapi selanjutnya setiap hari masing-masing kabupaten/kota tetap mengisi paviliun mereka dengan ragam hasil kerajinan yang dimilikinya,” terangnya.

Pemindahan ini juga diharapkan dapat semakin meningkatkan semangat seniman Sumut untuk berkarya.

“Untuk bangunan yang nantinya akan digunakan sebagai kantor UPT Taman Budaya sudah layak. Untuk itu proses pemindahannya pun rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat. Semoga ini menjadi semangat bagi kawan-kawan seniman untuk berkumpul dan berkreasi, sehingga ke depanya dapat mendukung pembangunan di Sumut,” tuturnya.

Untuk fasilitas pendukung, Wagub mengatakan, bahwa apa yang sudah ada di PRSU dapat digunakan para pegiat seni.

“Venue untuk tempat pertunjukan outdoor maupun indoor saya rasa yang ada di PRSU lebih baik, bahkan untuk tempat latihan lebih luas di PRSU ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ria Telaumbanua mengharapkan dengan pindahnya UPT Taman Budaya membuat PRSU bisa ramai setiap hari.

“Dengan adanya lokasi baru untuk para seniman, budayawan dan para penari yang berada dinaungan kita, lokasi ini harusnya bisa menjadi potensi yang baik untuk bisa menghasilkan karya karya terbaik, sehingga nantinya dapat membuat PRSU ramai setiap hari. Doa kan juga supaya proses pemindahan berjalan dengan baik,”imbuhnya.

Untuk proses pemindahannya Kepala UPT Taman Budaya Rachmat Hadi Saputra Harahap mengatakan akan dilakukan secara bertahap.

“Kita persiapkan dulu gedung baru ini. Apa yang perlu diperbaiki kita perbaiki, barang-barang yang ada di sana akan kita pindahkan satu persatu ke sini,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Umum Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) Baharuddin Saputra mengapresiasi dan mendukung rencana pemindahan TBSU oleh Pemprov Sumut.

“Secara umum kami para seniman adalah mitra Pemerintah Provinsi Sumut, sehingga mendukung apa yang akan dilakukan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari perpindahan tersebut, yang awalnya berada di tengah kota nanti akan pindah sedikit lebih jauh, lalu yang paling penting adalah di PRSU belum ada panggung yang indoor, sehingga perlu untuk dilakukan sedikit pembangunan, jangan sampai Taman Budaya kita kalah dengan daerah lain,” ujar Baharuddin. (rm-06)