Pastikan Pelaksanaan Perwal 22/2020, Tujuh Pelaku Usaha Diminta Jalankan Protokol Kesehatan

18504

Medan | rakyatmedan – Guna memastikan para pelaku usaha telah disiplin menjalankan peraturan yang tertera di dalam Perwal Kota Medan No 27 Tahun 2020 di tempat usahanya, Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan terus gencar melakukan sosialisasi Perwal Kota Medan No 27 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan.

Jum’at (24/7), Satgas Covid-19 Dinas Pariwisata Kota Medan melakukan sosialisasi dan pengawasan pelaksanaan Perwal Kota Medan No 27 Tahun 2020 di sejumlah tempat usaha yang ada di Kota Medan.

Dengan gencarnya Satgas Covid-19 dalam mensosialisasikan Perwal No 27 Tahun 2020 tersebut, diharapkan seluruh pelaku usaha dapat menjalankan usahanya sesuai dengan aturan yang berlaku dan menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya.

Sebanyak 7 tempat usaha yang kali ini dikunjungi Satgas Covid-19 yaitu, Sangrai Coffeeshop Jalan A Rivai No.4, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Deli Hotel Jalan Abdullah Lubis, Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, dan Hotel Ibis Styles Jalan Kapten Patimura No.442, Darat, Kecamatan Medan Baru, Restoran Sederhana.

Selanjutnya Zengarden Jalan S Parman No.22 / 272, Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, G & B Bistro and Dessert Jalan Kapten Patimura No.66, Darat, Kecamatan Medan Baru, dan Rahmat International Wildlife Museum and Gallery Jalan S Parman No.309, Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru.

Saat Satgas Covid-19 mengunjungi satu persatu tempat usaha tersebut, terlihat tempat-tempat usaha tersebut telah menjalankan Perwal No 27 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Kota Medan yaitu disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada tempat-tempat usaha yang telah menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 saat ini. Kepada tempat usaha yang belum menerapkan Perwal No 27 Tahun 2020 ini, saya harap agar mematuhi dan menjalankan semua instruksi yang ada di dalam Perwal tersebut,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriono usai mengunjungi ke 7 tempat usaha tersebut.

Adapun protokol kesehatan yang harus dijalankan, lanjut Agus, sebelum masuk ke tempat usaha, karyawan dan pengunjung terlebih dahulu harus melakukan pengecekan suhu tubuh. Kemudian baik karyawan maupun pengunjung wajib menggunakan masker saat berada di tempat tersebut. Kemudian tempat usaha tersebut harus menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer. Lalu hindari kerumunan serta menjaga jarak antara satu sama lain.

“Sebelum masuk ke tempat usaha tersebut, karyawan dan pengunjung terlebih dahulu harus dicek suhu tubuhnya. Kemudian karyawan maupun pengunjung harus wajib memakai masker jika ingin ketempat tersebut, jika tidak memakai masker jangan diperbolehkan untuk masuk. Selanjutnya penyediaan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, jadi setiap pengunjung harus membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum masuk. Kemudian hindari kerumunan dan perhatikan jarak baik tempat duduk atau apapun harus berjarak,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, tidak lupa Agus mengimbau kepada para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam melayani tamu/pengunjung agar selalu mempedomani Perwal Kota Medan No. 27 Tahun 2020 secara menyeluruh, sehingga selain dapat menekan penyebaran Covid-19, keselamatan dan kenyamanan pengunjung serta pekerjapun tetap terjaga.

“Para pelaku usaha harus menjadikan Perwal No 27 Tahun 2020 sebagai pedoman dalam melayani pengunjung, sehingga kita dapat bersama-sama meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Medan dan kita juga dapat memberikan pelayanan yang senyaman mungkin dan kesepamatan baik untuk pengunjung maupun karyawan yang bekerja,” pesan Agus. (rm-06)