Ditengah Pandemi Covid-19, Pemko Medan Tetap Gelar Upacara Bendera HUT ke 75 Kemerdekaan RI

35771

Medan | rakyatmedan – Meskipun ditengah suasana pandemi virus Corona 2019 (Covid-19), Pemko Medan tetap menggelar upacara Bendera Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Namun, upacara dilakukan dengan peserta yang terbatas dan melalui protokol kesehatan yang ketat.

Demikian kesimpulan hasil Rapat Persiapan Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 yang dipimpin Asisten Umum Setda Kota Medan Renward Parapat yang bertempat di Ruang Rapat II Kantor Wali Kota Medan, Kamis (6/8/2020). Rapat dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Lingkungan Pemko Medan.

“Walaupun saat ini masih pandemi Covid-19, Saya minta seluruh peserta upacara untuk tetap semangat mengikuti upacara bendera dan mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu, saya minta OPD yang terlibat untuk menyukseskan upacara ini benar-benar bekerja sesuai uraian tugas yang telah ditetapkan dengan baik,” kata Renward.

Selanjutnya Renward dalam rapat meminta kepada Dinas Perhubungan Kota Medan agar dapat menyalakan lampu merah diseluruh lampu lalu lintas yang memiliki kamera ATCS agar kendaraan bermotor berhenti sejenak tepat pukul 10.00 Wib.

“Bersamaan lampu merah menyala petugas ATCS diminta untuk mengumumkan kepada seluruh pengendara bermotor untuk berhenti sejenak sebagai bentuk penghormatan mengenang detik-detik proklamasi,” ujarnya.

Guna memeriahkan HUT kemerdekaan RI, Renward kemudian meminta kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan agar memasang umbul-umbul diseluruh kantor instansi milik Pemko Medan,

Disamping itu juga, lanjutnya, DKP diminta untuk menyurati instansi swasta agar memasang umbul-umbul dan bendera di lingkungan perkantoran ya masing-masing.

Selanjutnya kepada Bagian Tata Pemerintahan Setdako Medan, Reward minta agar menginstruksikan Camat dan Lurah untuk mengimbau kepada seluruh masyarakat agar memasang bendera merah putih di depan rumahnya selama satu bulan penuh.

“Agar ini terlaksana saya minta camat dan lurah agar memantaunya secara langsung pada wilayah tugas masing-masing,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri rapat, Reward juga meminta Dinas Pendidikan Kota Medan agar menyurati sekaligus memonitor sekolah-sekolah supaya meningkatkan kebersihan dan menghias sekolah untuk memeriahkan HUT ke 75 Proklamasi Kemerdekaan RI. (rm-05)