Dosen dan Mahasiswa Farmasi USU Pengabdian Masyarakat di Desa Cempedak Lobang

85313

Medan I rakyatmedan- Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan pengabdian pada masyarakat di Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

“Pengabdian pada masyarakat itu kita lakukan sebagai salahsatu bentuk tri dharma perguruan tinggi,” kata Prof Dr rer nat Effendi De Lux Putra, SU selaku Ketua kegiatan tersebut, Senin (24/8/2020).

Menurutnya seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia beberapa bulan terakhir ini mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan pengabdian pada masyarakat di desa tersebut

Pada kegiatan itu Prof Effendi didampingi sejumlah anggotanya yakni Sri Yuliasmi S. Farm MSi., apt. Henny Sri Wahyuni S.Farm. M.Si., apt. Bayu Eko Prasetyo S.Farm, M.Sc., dengan mengangkat tema “Edukasi Pencegahan Covid 19 dan Penyediaan Hand Sanitizer dalam rangka menekan penyebaran infeksi virus Corona.

Dalam pengabdian pada masyarakat itu diberikan edukasi cara pembuatan hand sanitizer, sehingga ke depannya masyarakat mampu dan bisa menyediakan hand sanitizer untuk kebutuhan sendiri sesuai dengan tujuan yang diharapakan dari terselenggaranya kegiatan itu.

Disebutkannya ada beberapa point yang dilakukan dalam kegiatan ini, salah satunya masyarakat diberikan informasi mengenai cara pencegahan penyebaran Covid-19 dengan senantiasa menggunakan masker, membawa dan menggunakan hand sanitizer di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun serta senantiasa untuk menjaga jarak/sosial distancing.

Dia menjelaskan selain untuk kebutuhan masyarakat sendiri kegiatan ini juga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat mengingat harga penjualan hand sanitizer yang akhir-akhir ini melonjak tinggi.

“Dari pantauan tim kami, terlihat antusiasme masyarakat menyaksikan pemutaran video demo cara pembuatan hand sanitizer dan juga dipraktekkan langsung oleh tim pengabdian Fakultas Farmasi USU”, jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan salah seorang masyarakat yang ditemui mengatakan sangat gampang membuat hand sanitizer sendiri setelah melihat video demo dan memperhatikan secara langsung langkah langkah pembuatan hand sanitizer yang dipraktekkan tim dari Fakultas Farmasi USU

“Masyarakat berharap kegiatan pengabdian ini bisa berlangsung setiap tahunnya di desa mereka”, tandasnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat yang juga dihadiri Camat Sei Rampah Nassaruddin Nasution, S.Sos MM serta jajaran dan Kepala Desa Cempedak Lobang Edy Muslih SH.

Dalam sambutannya Kepala Desa Cempedak Lobang Edy Muslih SH sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas terselengaranya kegiatan ini di desa mereka.

Pada akhir acara dilakukan pembagian masker dan hand sanitizer gratis kepada masyarakat.

Prof Effendi mewakili tim dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi USU mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Cempedak Lobang yang telah ikut berpartisipasi dan menyukseskan acara ini sampai dengan selesai. ( rm-04)