TP PKK Sumut Semangati Lansia di Panti Sosial Binjai

50809

Binjai | rakyatmedan – Kedatangan Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah serta rombongan disambut gembira para lansia di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Lansia Binjai, Jalan Perintis Kemerdekaan Binjai, Jumat (4/9/2020). Apalagi, sejak masa pandemi Covid-19 lebih sedikit keluarga yang berkunjung.

Suasana kekeluargaan langsung terasa, ketika Nawal dan Ayu menyapa ramah para lansia yang didominasi kaum ibu. Keduanya pun berdialog dan menyemangati para lansia agar tetap semangat dan gembira dalam menjalani hidup dan beraktivitas sehari-hari.

“Sudah berapa lama kakek nenek tidak dikunjungi keluarga maupun saudara? Kami datang ke sini anggaplah kami ini anak atau keluarga sehingga hati gembira,” kata Nawal kepada para lansia.

Nawal berharap pandemi Covid-19 cepat berakhir. Sehingga para lansia bisa berkumpul lagi bersama keluarga. Ia juga berharap agar para lansia maupun perawat senantiasa menjaga protokol kesehatan, sehingga tidak terjadi penularan Covid-19 di UPT Lansia tersebut.

“Semuanya mari terapkan protokol kesehatan ya, pakai masker, jaga jarak dan menyuci tangan biar tidak tertular Covid-19. Ini harus kita jalankan bersama-sama,” kata Nawal.

Tidak hanya itu, Nawal juga memberi semangat kepada para perawat yang mengasuh lansia di panti sosial tersebut, serta mengapresiasi pekerjaan yang telah dilakukan perawat di tempat itu.

“Terima kasih kepada para perawat yang telah merawat orang tua kita di sini,” katanya.

Nawal juga menyampaikan pesan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, yang ingin sekali mengunjungi para lansia. Kata Nawal, Gubernur nanti akan merencanakan datang berkunjung. “Pak Gubernur titip salam kepada bapak ibu di sini, katanya dia pengin sekali ke sini,” ujar Nawal.

Agar menambah semangat dan kegembiraan para lansia, pada kesempatan itu, Nawal menyerahkan bingkisan untuk para lansia berupa masker, kain sarung, biskuit dan susu. Nawal dan Ayu juga diajak melakukan senam Maumere bersama para lansia. Mereka juga berkaraoke, bernyanyi dan bergembira bersama para lansia.

Sapna, salah seorang lansia menyampaikan apresiasi kunjungan Ketua dan Wakil TP PKK Sumut dan rombongan, yang telah membawa kegembiran bagi para penghuni panti sosial. Sembari berharap, agar kegiatan seperti ini lebih sering digelar di masa mendatang.

Kepada Pemprov Sumut, Sapna juga menyampaikan harapan para lansia. Antara lain, berharap agar meningkatkan fasilitas dan pelayanan yang ada di UPT tersebut.

“Masih ada sedikit lagi yang perlu dibenahi, agar pelayanan di UPT ini semakin tambah maksimal,” kata Sapna.

Sementara itu, Arif menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Sumut karena telah memfasilitasi dirinya dan lansia lainnya.

“Terima kasih banyak Pemprov Sumut yang telah memfasilitasi kami dan menempatkan kami di tempat yang layak ini,” ujar Arif.

Turut hadir Kepala Dinas Sosial Sumut Rajali dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Aspan Sofian. Rajali menyampaikan pada tahun APBD 2021 sudah menampung berbagai hal yang perlu dibenahi di UPT ini. Seperti mengenai perbaikan beberapa bagian gedung, pembangunan pendopo, hingga kolam pemancingan.

“Ini akan kita buat sebaik-baiknya, agar bapak ibu sekalian senang dan bergembira di sini,” kata Rajali.

Kepala UPT Pelayanan Sosial Lansia Binjai Herli Pujimentari Latuperissa mengatakan, ada 176 lansia dengan 19 wisma. Dari total tersebut ada 76 lansia yang hanya bisa berbaring di tempat tidurnya.

Puji juga mengatakan untuk mengisi waktu luang, sehari-hari para lansia memiliki berbagai kegiatan. Mulai dari keagamaan, olahraga, hiburan atau karaoke, bertani atau berkebun hingga pelatihan kerajinan tangan. Para lansia telah menghasilkan berbagai macam hasil tani dan perkebunan. Bahkan kerajinan tangan seperti anyaman bambu juga bisa dihasilkan oleh para lansia.

“Kami harap, kita bisa meningkatkan lagi pelayanan yang kita berikan kepada kakek nenek di sini. Saya juga percaya dengan kunjungan TP PKK Sumut bisa berdampak lebih baik ke depan,” harap Puji. (rm-06)