Wisma Internasional USU Dipersiapkan untuk Dosen dan Mahasiswa Asing

107719

Medan I rakyatmedan – Universitas Sumatera Utara (USU) terus menyiapkan sarana untuk meningkatkan kinerja guna mendorong kualitas USU. Salah satunya wisma Internasional yang disiapkan untuk dosen dan mahasiswa asing (luar negeri).

“Kita sudah mengirim dosen ke luar negeri untuk memberi kuliah dan mahasiswa kita kirim ke berbagai universitas untuk kuliah. Maka itu bagaimana mahasiswa asing juga datang kemari kita kan sudah punya asrama mahasiswa dan dosen-dosen yang mengajar kemari,” kata Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum, Selasa (15/9/2020)

Pada peresmian Wisma Internasional USU, Rektor mengatakan, para dosen dan mahasiswa tersebut diundang untuk mengajar dan belajar di USU.

Untuk itu, USU harus menyiapkan fasilitas salah satunya Wisma Internasional.

“Para dosennya mengajar satu semester mengajar di USU dan tinggal di sini, nggak bayar. Kita beri fasilitas kamar, makanya kita tidak malu lagi jika dari berbagai universitas yang kita kunjungi di luar negeri. Ya minimal sudah memenuhi standar, kamar ada ruang tamu, ada kamar mandi di setiap kamar, sudah kolam renang bahkan kita akan buat restoran atau kafe,” tuturnya.

Selain mahasiswa atau dosen asing bisa menggunakan fasilitas tersebut, Prof Runtung mengatakan ke depannya akan bisa digunakan selain dosen asing.

Sejauh ini, USU telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri seperti di Moskow, Austria. Tenaga dosen dan mahasiswa asing tersebut telah berkomunikasi untuk datang ke USU. USU juga akan meningkatkan sarana asrama yang berada di Jalan Dr Mansyur Medan menjadi 100 kamar. Sarana itu juga dimanfaatkan bagi keluarga pasien RS USU.

“Perencanaannya sudah ada dan segera dilelang. Anggarannya sudah disiapkan sebesar Rp30 miliar dari dana PNBP atau non penerimaan negara bukan pajak. Bahkan konsultan perencana mengatakan Rp25 miliar sudah cukup,” sebutnya. (rm-04)