1.874 Mahasiswa Baru UISU Ikuti PKKMB Daring dan Luring 2020

121885

Medan I rakyatmedan- Sebanyak 1.874 mahasiswa baru dari 33 program studi di Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Tahun Akademik 2020/2021 mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan digelar secara daring dan luring itu berlangsung selama tiga hari, Senin hingga Rabu ( 5-7/10/ 2020).

Ketua OC PKKMB UISU Ahmad Bakhori ST MT menuturkan, pelaksanaan PKKMB kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Di masa pandemi ini kita melaksanaan kegiatan PKKMB secara daring dan luring dengan tetap berpedoman terhadap standar protokol kesehatan,” kata Ahmad yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kewirausahaan, Senin (5/10/2020).

Didampingi Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi SS MA, Ahmad Bakhori menuturkan protokol kesehatan dijalankan sebagai bentuk dukungan UISU sebagai Lembaga Pendidikan terhadap program pemerintah dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus covid19.

“Jadi, mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKKMB di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan hanya lima orang dari tiap fakultas,” ujarnya.

Selebihnya, kata dia, seluruh mahasiswa baru UISU akan mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom dari tempatnya masing-masing.

Khusus kepada mahasiswa yang menjadi perwakilan tiap fakultas, pihaknya mewajibkan tetap mematuhi protocol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan membersihkan tangan. Sebab itu, lokasi pelaksanaan PKKMB di Auditorium juga sudah dipersiapkan dengan cara memperhatikan jarak antar mahasiswa dan undangan.

“Sehingga dipastikan, protocol kesehatan dapat dilaksanakan secara ketat,” tukasnya.

Sedangkan untuk mahasiswa baru yang mengikuti secara daring dapat bergabung di aplikasi zoom melalui meeting ID dan password yang sudah disampaikan masing-masing operator dari fakultas.
Berdasarkan Panduan PKKMB 2020 yang diterbitkan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan setidaknya ada 7 (tujuan) pelaksanaan PKKMB.

Diantaranya menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat, memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi, mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat serta memperkenalkan kiat sukses belajar.

Adapun acara PKKMB 2020 ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausaan menjelaskan untuk hari pertama, Senin (5/10) dipusatkan di universitas.

Sedangkan untuk hari kedua dan ketiga (6-7/10), kegiatan PKKMB diserahkan ke fakultas masing-masing.

“Untuk acara hari pertama, kita juga mengundang Kepala LLDikti Wilayah I untuk bergabung secara daring memberikan sambutan. Selain itu juga Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU dan Rektor UISU,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta kepada mahasiswa baru perwakilan masing-masing fakultas sekaligus Penyerahan mahasiswa dari rektor UISU kepada masing-masing pimpinan fakultas.

Acara kemudian diisi dengan paparan tentang wawasan kebangsaan dari Pangdam I/BB dan Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia yang disampaikan Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin, MAP serta beberapa materi lainnya.

Untuk hari-hari selanjutnya, pelaksanaan PKKMB akan diserahkan dan dikelola masing-masing fakultas.

“Ini juga sangat penting agar mahasiswa baru benar-benar mengetahui dan memahami fakultas dan program studi yang mereka pilih,” katanya.

Kepada mahasiswa baru, Ahmad Bakhori berpesan agar mengikuti kegiatan PKKMB secara tertib dan disiplin sejak awal hingga akhir.

Untuk tata tertib pelaksanaan PKKMB, pihaknya sudah menyampaikan kepada masing-masing operator fakultas dan dapat juga diakses melalui web www.uisu.ac.id.

Dia menginformasikan wali atau orangtua mahasiswa baru juga dapat melihat dan mengikuti kegiatan PKKMB secara live melalui akun youtube humas uisu. (rm-04)