Hanyut 3 Hari, Warga Hamparan Perak Tewas di Sungai Belawan

65585

Medan I rakyatmedan- Tim SAR gabungan menemuka seorang pria hanyut di Sungai Belawan Desa Kelambir V Kampung, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang dalam keadaan meninggal dunia, Selasa (6/10/2020).

Informasi diperoleh menyebutkan, diduga korban terpeleset saat mencari bonsai di pinggir sungai.

Peristiwa naas itu terjadi pada Minggu (4/10) sekitar pukul 13.30 WIB. Korban Sudarmaji (38), warga Dusun I Desa Kelambir V, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang bersama temannya mencari bonsai di pinggir sungai, namun terpeleset dan jatuh ke sungai.

Teman korban sempat berusaha menolong, namun diduga karena arus deras sungai, korban tidak terselamatkan dan hanyut terbawa arus. Warga kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada tim SAR.

“Tim SAR langsung melakukan penyisiran korban hanyut,” kata Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus.

Sariman menuturkan, pada hari pertama dan kedua, petugas mencari korban dengan menyusuri Sungai Belawan dan tidak menemukan korban.

Kemudian, memasuki hari ketiga pencarian, Tim SAR gabungan terdiri dari personel Rescuer Kantor SAR Medan, TNI, Polri, potensi SAR JSI, FKDM Deli Serdang dan masyarakat memulai operasi pencarian menggunakan perahu LCR, Rafting, Inflatable dan kayak.

Pencarian dimulai dari lokasi awal korban hanyut menuju hilir sungai.

“Hingga sekitar pukul 09.59 WIB, korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sejauh sekitar 7 kilometer dari lokasi hanyut,” terang Sariman.

Petugas tim SAR Gabungan langsung mengevakuasi korban dan menyerahkan kepada pihak keluarga.

“Saat ini korban sudah disemayamkan di rumah duka selanjutnya operasi SAR dinyatakan ditutup,” tandas Sariman. (rm-04)