Demo Ricuh, Sejumlah Kendaraan Dinas Polisi Dirusak

48204

Medani I rakyatmedan-Demo ricuh di sejumlah titik di Medan tidak hanya menimbulkan kerusakan terhadap bangunan dan fasilitas umum tapi juga sejumlah kendaraan dinas milik Polda Sumut dirusak,
Kamis (8/10/2020)

Dalam aksi itu para pendemo saat menyampaikan aspirasinya menolak penetapan Undang-Undang Omnibus Law di Lapangan Merdeka, Medan.

Pantauan di lapangan, sejumlah kendaraan yang dirusak seperti satu unit bus, mobil jenis sedan, dan minibus.

Para pendemo juga merusak kendaraan yang tengah terparkir di pinggir jalan menggunakan batu.

Akibat aksi pelemparan itu, kondisi bus milik Polda Sumut mengalami pecah kaca depan.

Petugas yang melihat aksi pengrusakan itu langsung bergerak cepat menangkap para pengunjuk rasa anarkis tersebut.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, pendemo anarkis itu juga merusak sejumlah mobil dinas milik Polda Sumut.

“Para pendemo yang terlibat aksi pengerusakan mobil dinas itu telah kita amankan. Kini, mereka masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya.

100 Polwan

Sebelumnya Polda Sumut mengerahkan 100 personel Polisi Wanita (Polwan) untuk mengamankan aksi demo buruh di kota Medan.

Usai melaksanakan apel, para personel Polwan tersebut menaiki bus melaksanakan patroli keliling ke sejumlah ruas jalan di Kota Medan yang menjadi titik lokasi aksi unjuk rasa.

Selain melaksanakan patroli, para personel Polwan turut membagikan masker sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru Covid-19 saat aksi demo buruh.

Kabagdalops Roops Polda Sumut, AKBP Hilman Wijaya mengatakan, keberadaan 100 personel Polwan Polda Sumut untuk memberi rasa humanis selama pengamanan unjuk rasa buruh di Kota Medan.

“Sistem pengamanan aksi unjuk rasa ini dilaksanakan dengan patroli skala besar, tetap mengedepankan rasa humanis serta memberikan imbauan kepada para masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (rm-04)