USM Indonesia Gelar Wisuda Drive Thru Dengan Protokol Kesehatan

562810

Medan I rakyatmedan-Di tengah pandemi covid-19, Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia melaksanakan wisuda dan tetap secara tatap muka di kampus tersebut Jalan Amal Luhur Sei Sikambing Medan.

Namun kali ini berbeda caranya dengan menggunakan sistem drive thru dan tetap mematahui protokol kesehatan covid-19 dengan ketat.

Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba M.Kes mengatakan, pada wisuda periode 1 tahun akademi 2020 ini digelar selama tiga hari, Kamis-Sabtu (22-24/10/2020) diikuti sebanyak 878 lulusan.

“Selama masa pandemi Covid-19 seluruh perkuliahan dilakukan secara daring/online dan layanan pendidikan diupayakan secara online. Bahkan mahasiswa tidak diperbolehkan ke kampus jika tidak perlu sekali,” kata Ivan, Sabtu (24/10/2020).

Disebutkannya kegiatan kampus ditiadakan, dosen dan tenaga kependidikan bekerja dari rumah (Work From Home).

Menurut Ivan, kampus ini benar-benar mendukung upaya pemerintah dan terlibat aktif bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BPBD Sumut melakukan edukasi dan sosialisasi pemutusan penyebaran Covid 19

Sebagai bentuk dukungan, kata Ivan USM Indonesia selama 12 hari mulai 21 September – 2 Oktober 2020 melatih 2.000 relawan, aparat kecamatan dari Kota Medan, Binjai, Deliserdang melalui program Pos Gagah yang dibuka Gubsu.

Begitu juga dalam pelaksanaan wisuda ini, USM Indonesia telah berkoordinasi dengan satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Sumut, aparat kepolisian dan LLDikti Sumatera Utara.

“Selama wisuda tiga hari ini kita menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Mulai dari pemeriksaan rapid tes yang dilakukan sebelum acara, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak,” ucap Ivan

Selain itu juga minta menghindari kerumunan selama di lokasi kampus, seluruh ruangan sudah disemprot desinfektan sebagai upaya yang dilakukan untuk mendukung pemutusan penyebaran virus Corona yang mematikan itu.

Rektor meminta agar para lulusan yang diwisuda ini dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 dan berkomitmen tidak terlibat menimbulkan masalah baru lagi.

Dia juga berharap kepada para wisudawan agar tetap bersyukur, sikap jujur dan berdisiplin serta menghormati orangtua.

Lebih lanjut dikatakan Ivan, saat ini USM Indonesia menyelenggarakan 21 program studi terakreditasi baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi maupun oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan. Demikian juga sebagai institusi telah terakreditasi B (baik sekali)

“Kita bersyukur beberapa minggu lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui LLDikti mengumumkan USM Indonesia berada pada posisi ketiga besar PTS di wilayah 1 Sumut,” ungkap Ivan.

Lebih lanjut dikatakan Ivan pada 28 September lalu, Kemendikbud melakukan visitasi secara online untuk pengusulan izin program pendidikan apoteker.

Untuk itu diharapkan dalam jangka waktu dekat, USM Indonesia dapat melaksanakan penerimaan mahasiswa baru untuk program profesi apoteker.

Sedangkan suntuk sumber daya dosen, seluruh dosen di USM-Indonesia berpendidikan S2 dan S3.

Saat ini 19 dosen yang akan menyelesaikan kuliah S3 di dalam maupun diluar negeri, sebahagian mendapat bea siswa dari pemerintah dan sebahagian lain beasiswa dari yayasan Sari Mutiara.

Diharapkan tahun depan akan memiliki 39 orang dosen berpendidikan S3 (20%).

Dengan wisuda tahun akademi 2020 ini, maka jumlah lulusan sebanyak 1.278 orang sehingga total alumni 8806 orang, mahasiswa baru 1.400 orang, mahasiswa aktif 3.760 orang dibina 194 dosen.

“Dengan kekuatan ini kita percaya melalui para alumni, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen, USM dapat berkontribusi dalam pembangunan di berbagai bidang di Indonesia,” kata Ivan.

Hadir juga pada wisuda itu Ketua Yayasan Sari Mutiara Medan Dr Parlindungan Purba SH MM dan Kepala Lembaga Layanan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara Prof Dian Armanto, MPd MA MSc PhD beberapa jam sebelum pelantikan dan serahterima jabatan dengan pejabat yang baru Prof Ibnu Hajar. (rm-04)