Lulusan Pelatihan Desain Grafis JNE Diharapkan jadi Penggerak UMKM

Medan I rakyatmedan- Pimpinan Kepala Cabang JNE Medan, Fikri Al Haq Fachryana mengimbau kepada para lulusan Rumah Keterampilan Desain Grafis dapat membantu para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumatera Utara.

Menurut Fikri, program yang dilaksanakan adalah Rumah Keterampilan Desain Grafis yang merupakan hasil kolaborasi antara JNE Cabang Utama Medan, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), dan IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) Perwakilan Wilayah Sumut yang mewisuda sebanyak 17 orang.

“Wisuda kali ini merupakan prosesi untuk angkatan II dan III,” kata Fikri usai inagurasi wisuda di Rumah Keterampilan Desain Grafis di Jalan Raya Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan. Jumat (4/11/2020).

Disebutkannya, program positif seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat saat ini, apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini banyak pelaku UMKM yang baru memulai usahanya.

“Kami mengimbau lulusan ini mengabdi untuk membantu UMKM Sumut dalam go digital, dapat membantu secara pribadi, maupun melalui program-program yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM seperti membantu desain kemasan produk atau desain untuk promosi konten digital marketing,” kata Fikri.

Rumah pelatihan ini diadakan khusus untuk anak-anak yatim, piatu dan dhuafa yang berusia 17 tahun hingga 35 tahun.

Dijelaskannya, wisuda ni merupakan tahun kedua berjalannya program ini. Selanjutnya JNE akan terus melanjutkan program kerjasama dengan IZI dan IPEMI dengan peserta angkatan ke IV.

Ketua IPEMI Sumut Hj. Yulidar Bugis dalam sambutannya mengapresiasi sinergi yang terjalin dengan IZI dan JNE.

Menurutnya, program-program seperti ini manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh peserta maupun masyarakat.

“Semoga program ini dapat memberikan keberkahan,” jelasnya.

Kepala Perwakilan IZI Sumatera Utara, Muhammad Iqbal Farizi menuturkan sebelumnya JNE-IZI juga sudah menghadirkan Rumah Pelatihan Menjahit.

Dari program itu pesertanya ada yang sudah mampu membuka usaha menjahit.

” Begitu juga harapan kami bagi lulusan rumah keterampilan desain grafis ini, smoga dapat mandiri dan berguna bagi masyarakat. Kami menargetkan setiap tahun ada 50 lulusan yang kita lahirkan sebagai desainer grafis,” ujarnya.

Dalam rangkaian acara tersebut, bertepatan pula dengan ulang tahun IPEMI Sumut yang keempat diikuti dengan santunan anak yatim dan doa bersama.

Acara berjalan dengan khidmat dan dihadiri beberapa tamu undangan seperti Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Sumut dan Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut.

Kolaborasi positif menjadi pemicu JNE untuk semakin memaksimalkan inovasi agar dapat berkontribusi lebih baik lagi dalam mendorong kemajuan ekonomi digital, khususnya dalam menunjang semua pihak dalam e-commerce.

Dengan semangat berbagi kebahagiaan sesuai dengan tagline “Connecting Happiness” yang bermakna mengantarkan kebahagiaan.

Menjelang perayaan HUT yang ke-30 Tahun, JNE pun menyelenggarakan berbagai program apresiasi kepada pelanggan dengan tema #30TahunBahagiaBersama. (rm-04)