Strategi Pengembangan Potensi Daerah Upaya Pertumbuhan Ekonomi Sumut

Medan | rakyatmedan– Bank Indonesia dalam menjalankan fungsinya sebagai strategi advisor senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari berbagai komponen.

“Di tengah berbagai tantangan global, nasional dan regional pandemi Covid-19 telah berdampak pada perekonomian dunia termasuk Sumut yang tercatat di badan statistic pada 5 November 2020 ekonomi mengalami kontaksi -2,66 persen (yoy).

Untuk itu diperlukan strategi pengembangan potensi daerah sebagai upaya menumbuhkan ekonomi daerah ini.” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat, Senin (9/11/2020).

Menurut Wiwiek stategi yang dilakukan itu dengan mempromosikan potensi daerah berkolaborasi dengan berbagai OPD teknis ke dalam wadah North Sumatra Invest (NSI) dan pemerintah untuk mendongkrak dalam meningkatkan realisasi investasi di Sumut.

Wiwiek saaat menjadi narasumber dalam Pengembangan Potensi Daerah itu menjelaskan jika upaya tersebut dimulai dari 2018. Jadi di tahun ini, NSI kembali lahir/reborn, dengan Surat Keputusan (SK) Gubemur Sumatera Utara (Gubsu) yang baru tertanggal 24 Maret 2020, perihal North Sumatra invest.

“SK ini menandakan lahimya komitmen baru Pemerintah Daerah Sumatera Utara untuk bersama-sama meningkatkan realisasi investasi daerah,” kata Wiwiek.

Di tim teknis NSI yang berasal dan BAPPEDA, DPMPPTSP Provinsi, Bank Indonesia Sumut telah melakukan berbagai upaya promosi yang dimulai menyeleksi proyek investasi yang clean and clear, hingga mempromosikannya ke jaringan investor relation di luar negeri.

Diakui Wiwiek, meski pada 2020 ini meski tdak dapat melakukan secara offfine (bertatap muka), namun kegiatan promosi tetap dilakukan melalui secara virtual, tanpa mengurangi esensi one-on-one meeting dengan investor potensial.

Menurutnya kegiatan promosi virtual ini tentu tidak akan berjalan efektif tanpa adanya media/wadah promosi yang terintegrasi berisi data dan informasi yang komprehensif. Sehingga pada Agustus 2020 lalu telah melaunching website NSI yang berisi database informasi 7 proyek potensial Sumut beserta potensi lain berupa parwisata dan UMKM unggulan Website NSI dapat dilihat di www.northsumatrainvest.id,

Disebutkannya meski sangat dinamis, dan terus diupdate secare rutin, website ini sudah dikunjungi ratusan visitor dari berbagai negara hanya dalam waktu 3 bulan. Kita berharap investor dapat lebih mengenal Sumatera Utara dan petensinya hanya melalui desk research, sehingga dapat memudahkan berbagai pihak

“Bahkan media promosi Sumatera Utara berupa brown book juga sudah diestabiished saat launching website NSI,” ungkap Wiwiek.

Pada Brown book yang berjudul North Sumatra investment Book ini, katanya berisikan data dan informasi lengkap mengenai 7 proyek investasi Sumut, yang dapat menjadi acuan seluruh stakeholder Pemda yang akan melakukan promosi baik di dalam maupun luar negeri.

Dijelaskannya saat ini, NSI sedang tahap sosialisasi pengenalan kepada seluruh stakeholder yang ada di Sumut maupun luar Sumut. Karena itu dia mengharapkan koordinasi antar lembaga ini dapat terus terjalin dan dapat membantu banyak pihak, khususnya investor potensial untuk memperkenalkan Sumatera Utara dengan segudang potensi di dalamnya.

Selain itu, kata Wiwiek, BI juga mengadakan lomba penulisan profil potensi daerah, yang dapat diikuti oleh seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumut dengan tujuan untuk memicu semangat OPD di kabupaten/kota mengemas potensi daerahnya secara menarik, namun tetap berdasarkan data yang valid dan refable Awareness akan data potensi menjadi sangat penting, sebagai acuan kegiatan promosi.

Dengan webinar ini Wiwiek berharap narasumber dapat memberikan insight yang bermanfaat bagi peningkatan kapasitas SDM yang akan menjadi kunci pembangunan daerah, serta tentunya menunjang penulisan karya yang akan diikutsertakan dalam lomba profil potensi daerah yang sedang berlangsung ini.

Pada webinar tersebut, BI juga menghadirkan narasumber yang sangat kompeten seperti Ketua Umum Ikatan Ahi Perencanaan (IAP) Indonesia yang akan berbagi tentang pentingnya data untuk melakukan perencanaan pembangunan daerah, serta Bupati Banyuwangi yang telah sukses menata daerah, sehingga menjadi salahsatu daerah parwisata yang dilirik oleh berbagai pihak. (rm-o4)