TP PKK Kota Medan Semakin Gencar Sosialisasikan PHBS dan LBS

39954

Medan | rakyatmedan – Setelah dua Kelurahan yakni Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat dan Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Penjabat Sementara (Pjs) Ketua TP PKK Kota Medan Dian Rumondang Arief Sudarto Trinugroho beserta jajaran terus gencar memberikan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS). Kali ini, Senin (9/11’2020) giliran para kader PKK Kelurahan se Kecamatan Medan Selayang.

Kegiatan sosialisasi yang berpusat di Kantor Kelurahan Padang Bulan Selayang II Jalan Mawar, Medan Selayang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para Kader PKK kelurahan khususnya yang berada di kelompok dasawisma dan posyandu untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat serta nantinya menjadi agen perubahan bagi masyarakat wilayahnya masing-masing.

Pjs Ketua TP PKK Kota Medan yang didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan Ismiralda Wiriya Alrahman dalam sambutannya mengatakan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan sekumpulan perilaku yang dilakukan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya.

“PHBS mencakup berbagai perilaku dengan 10 indikator yakni persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI Eksklusif, menimbang Balita setiap bulan, menggunakan Air Bersih, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik dirumah sekali seminggu, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah,” ucap Dian. (rm-05)