Satgas Covid-19 Sumut Ingatkan Restoran Patuhi Protokol Kesehatan

42447

Medan I rakyatmedan-Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang Azhar Mulyadi mengatakan belasan restoran di Kota Medan telah mematuhi protokol kesehatan.

Azhar Mulyadi menyatakan, saat ini belasan restoran sadar akan bahaya Covid-19, sehingga mereka patuh menjalankan protokol kesehatan.

“Saya optimis kesadaran belasan restoran ini akan diikuti pelaku usaha kuliner lainnya yang ada di Kota Medan,” kata Azhar Mulyadi, Rabu (11/11/2020)

Dia menyebutkan Tim Satgas Covid-19 Medan Binjai Deliserdang (Mebidang) terus menggelar razia pada siang dan malam ke berbagai tempat makanan yang dianggap berpotensi menimbulkan kerumunan atau melanggar protokol kesehatan di masa pandemi.

Dari langka itu pihaknya melihat memang sebagian besar usaha telah mematuhi aturan yang disosialisasikan pemerintah

Tim menggelar razia protokol kesehatan di sejumlah tempat dengan kondisi yang mulai lebih baik dari sebelumnya. Terutama soal keberadaan orang di rumah makan atau cafe.

“Mengingat perkembangan penegakan disiplin protokol kesehatan, kita melihat warga mulai memahami pentingnya protokol kesehatan. Beberapa memang memilih tutup agar tidak timbul pelanggaran. Ini yang kami lihat saat razia siang hari,” kata Azhar di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Jalan Sudirman Medan.

Sementara razia pada malam hari, katanya, kondisi yang ditemukan sudah lebih baik dari sebelumnya. Mengingat selama ini terjadi dilema bagi pelaku usaha dan juga pengunjung, di mana keduanya punya kepentingan yang saling mendukung namun tidak sesuai aturan di masa pandemi.

Mayoritas semuanya sudah memenuhi persyaratan protokol kesehatan, sehingga kepada para pelaku usaha ini perlu dipertahankan.

” Bagi yang belum kami datangi, semoga mengikuti petunjuk yang ada,” sebut Azhar.

Atas kondisi itu, pihaknya berterima kasih kepada masyarakat dan pelaku usaha yang sudah mau mengikuti anjuran pemerintah di masa pandemi Covid-19.

Dengan begitu, Azhar menilai upaya penegakan disiplin protokol kesehatan oleh tim Satgas selama beberapa bulan terakhir ini tidak sia-sia.

“Ini adalah kerja sama kita yang baik, teruskan. Dan bagi masyarakat, tetap pelihara 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun dengan air memgalir. Semoga Covid-19 ini segera tuntas, pungkasnya. (rm-04)