Tim penyelam dari TNI AL akhirnya menemukan kotak hitam (black box) Lion Air JT 610 yang jatuh di Tanjung Karawang. | Foto: istimewa
Tim penyelam dari TNI AL akhirnya menemukan kotak hitam (black box) Lion Air JT 610 yang jatuh di Tanjung Karawang. | Foto: istimewa

Jakarta | rakyatmedan – Tim penyelam dari TNI AL akhirnya menemukan kotak hitam (black box) Lion Air JT 610 yang jatuh di Tanjung Karawang.

Salah seorang penyelam dari TNI AL, Sertu Hendra mengatakan, pihaknya sempat merasa putus asa mencari black box tersebut.

Hendra mengatakan, penyelam dari Batalyon Intai Amfibi (YonTaifib) awalnya melaksanakan pencarian black box dan badan pesawat Lion Air. Penyelaman juga dilakukan bersama petugas KNKT juga mengalami kendala.

“Kami melakukan penyelaman, memang bentuk kontur bawahnya lumpur agak sulit dan serpihan pesawat di mana-mana dan kebetulan dengan alat yang kami dipinjamkan dan digunakan, kami percaya alat,” kata Hendra.

Begitu turun menyelam, ujar Hendra, arus laut kencang. Penyelam kemudian menggunakan tali agar tidak terlempar dan terbawa arus.

“Karena tali tersebut agak menghambat. Kami kembali lagi ke posisi awal untuk melepas tali. Lalu, kami yakin, kami bodyfare, yakin mengikuti alat yang sudah diberikan,” ungkap Hendra.

Penyelam juga sempat merasa putus asa. “Kala itu kami putus asa mengikuti alat karena tidak banyak ditemukan bongkahan, hanya bongkahan-bongkahan kecil,” sambungnya.

Namun, para penyelam pantang menyerah dan terus mengikuti alat meski sepertinya diarahkan menuju area yang serpihan pesawatnya minim. Namun ternyata Black Box itu memang tak berada di dalam pecahan bodi pesawat.

“Tapi kami terus, kami ikuti alat. Kami kecilkan areanya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan sensitif tersebut lalu kami gali-gali dan ternyata kami mendapatkan black box,” kata Hendra.

Saat ini kotak hitam tersebut sudah di berada di dalam kapal Tim SAR. Kotak hitam Lion Air JT 610 tersebut dimasukan ke dalam container box berwarna biru.