Tingkatkan Etos Kerja, LLDikti Sumut Gelar Character Building

Berastagi I rakyatmedan- Tingkatkan etos kerja dan kualitas kinerja tenaga kependidikan, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut menggelar ”Capacity Building”.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari (30/11-2/12/2020) di Mikie Holiday Resort Berastagi itu dilanjutkan dengan kunjungan wisata serta hiburan game dalam rangka meningkatkan etos kerja, kekompakan dan soliditas.

Pada pembukaan kegiatan bertema menjalin kerjasama itu, Sekretaris LLDikti Wilayah I Sumut Dr Mahriyuni MHum mengatakan, kegiatan ini bermanfaat untuk penyegaran atau refreshing dan menjalin kerjasama agar etos kerja pun meningkat pada 2021 mendatang.

“Dengan semangat kerja itu bisa meningkatkan kualitas pelayanan kita untuk peningkatan mutu PTS di Sumut,” kata Mahriyuni mewakili Kepala LLDikti Wilayah I Prof Ibnu Hajar.

Kegiatan seperti ini, katanya rutin digelar setiap menjelang akhir tahun demi meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di lingkungan LLDikti Wilayah I Sumut.

Mahriyuni juga menyebutkan beberapa capaian prestasi yang diraih LLDikti Wilayah I, yakni mendapatkan nominasi 5 besar terbaik untuk kategori medsos (media sosial).

“Kita juga sudah presentasikannya pada Nopember lalu di hadapan tiga juri untuk menyampaikan hasil-hasil capaian terkait dengan publikasi medsos kita di Instagram, Facebook, YouTube dan web,” katanya.

Menurutnya capaian itu menunjukkan LLDikti Sumut mendapatkan peningkatan dibandingkan pada 2019 meskipun tahun ini dalam keadaan pandemi COVID-19.

Ia pun berharap setelah masuk 5 besar, nantinya bisa masuk di 3 besar. Apalagi, sambungnya, LLDikti Sumut sudah mempresentasikannya untuk memerebutkan juara 1, 2 atau setidaknya juara 3.

“Dapat nominasi saja sudah tidak mengurangi semangat kerja kita, karena dalam keadaan COVID-19 ini pun kita bisa berprestasi,” ucapnya.

“Prestasi demi prestasi kita raih. Namun itu semuanya tentu tidak terlepas dari dukungan dan semangat kita,” ujarnya.

Mahriyuni juga mengungkapkan penyerapan anggaran sudah mencapai optimal. Saat ini, katanya, LLDikti Wilayah I masuk 5 besar untuk penyerapan anggaran diantara LLDikti yang lain.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Azhar SH MH dalam laporannya menyebutkan, kegiatan Character Building ini diikuti 83 orang peserta terdiri dari pegawai aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN di lingkungan LLDikti Wilayah I Sumut.

Azhar menegaskan, saat pandemi ini pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat selama kegiatan berlangsung.

Dia juga menyebutkan, kegiatan yang berlangsung di dua lokasi, yakni di Bukit Siosar 2000 dan Mikie Holiday Resort Berastagi ini diharapkan dapat menumbuhkan kebersamaan dan semangat kerja.

Kegiatan Character Building ini kata Azhar menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Dr Vivi Gusrini R Pohan MSc MA (dosen USU) menyampaikan materi “Menjalin Kerjasama di Lingkungan LLDikti Wilayah I”. Ekadanta Jaya Ginting MA (dosen USU) menyampaikan tentang Etika ASN. Keduanya menyampaikan materi di hari pertama kegiatan.

Kemudian di hari kedua, tampil Prof Dr Sri Milfayetty MS Kons. S.Psi menyampaikan Etika Bersosial Media. Materi disampaikannya di Puncak Siosar 2000.

Pada rangkaian kegiatan itu juga akan diadakan acara bagi purna bakti pegawai LLDikti Wilayah I. (rm-04)