Medan Sabet Juara 1 dan 2 Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020

Medan I rakyatmedan– Tim Indonesia berhasil memenangkan juara 1 dan 2 dalam ajang Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020 yang diselenggarakan Tourism Malaysia pada Jumat, 11 Desember 2020.

Acara ini merupakan ide kreatif Tourism Malaysia yang dikelola bersama Tourism Malaysia Divisi Pemasaran Antarbangsa ASEAN, Tourism Malaysia Jakarta, Tourism Malaysia Medan, dan perwakilan-perwakilan Tourism Malaysia di negara ASEAN lainnya, untuk mempromosikan tempat-tempat ikonik, serta kota dan landscape jalanan lokal di Malaysia.

Konsep ini merupakan wujud strategi industri pelancongan Malaysia dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang menghambat kunjungan wisatawan internasional.

Dipandu Bhaskaran dari Malaysian Hunt Club, permainan treasure hunt tahun ini menjadi menarik karena dirancang untuk dimainkan secara virtual, dengan menghubungkan setidaknya 30 tim yang terdiri dari perwakilan media dan travel agent yang ada di 9 negara ASEAN.

Negara-negara ini berpartisipasi secara digital dan menikmati sensasi berkeliling Malaysia secara virtual, dengan total hadiah mencapai USD1,000.00.

Kegiatan tersebut didukung dan disponsori Sunway Lagoon, Resort World Genting, Amari Hotel Johor Bahru, Tourism Selangor, Sunway Medical Centre, Sunway Resort & Spa, serta KL Hop On Hop Off.

Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt diselenggarakan dengan memanfaatkan platform Zoom dengan durasi 2,5 jam berkeliling mengunjungi kota-kota terkenal di Malaysia mulai dari Kuala Lumpur, Bukit Bintang, Selangor, Penang, Melaka, Johor Bahru, Langkawi, hingga ke Sabah dan Sarawak sambil memecahkan kode yang tersebar di penjuru kota.

Peserta menggunakan Google Maps untuk menjelajah kota dan kemudian mengumpulkan jawaban mereka melalui Google Forms.

Director General Tourism Malaysia, Zulkifly Md. Said, mengatakan jelajah virtual ini adalah salah satu cara yang unik dalam mempromosikan dan mengingatkan wisatawan tentang tempat wisata yang ada di Malaysia.

Disebutkannya, kegiatan virtual ini diselenggarakan untuk memberikan pengalaman unik dalam menjelajahi Malaysia dan salah satu cara untuk melepas rindu berkunjung ke negara ini.

“Banyak dari kita yang mungkin sudah menanti-nanti akhir dari pandemi agar bisa pergi berwisata, namun kali ini kita mendatangkan langsung Malaysia pada setiap peserta dengan berbagai tempat berbeda dengan semua kode-kode yang disebar disetiap kota secara real time,” katanya.

Zulkifly Md. Said mengatakan, Malaysia akan selalu menyambut semua wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati keunikan serta keberagaman negara ini selepas pandemi COVID-19 selesai

Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020 diresmikan secara langsung oleh Duta Besar Malaysia untuk Republik Indonesia, Yang Mulia Datuk Zainal Abidin Bakar di Jakarta.

Tourism Malaysia Medan sendiri mengirimkan perwakilannya dengan membentuk 3 tim, masing-masing tim terdiri dari 1 orang kapten dan 4 orang anggotanya.

Twin Towers Team terdiri dari Arifin (Kapten), Raya Utama Travel, Elsa Malona (Kover Magazine), Tania Meliala ( Tribun Medan), Evalisa Siregar(Antara Sumut) dan Tegar (Move Online Radio)

Berjaya Team terdiri Melly (Kapten), Jess & Co Travel dengan anggota Mita, Jess & Co Travel, Bakti (Indigo Media Promo), Agustina (pewarta.co) dan Swisma (rakyatmedan.com)

Sedangka Hibiscus Team terdiri Susanto Tanadi (Kapten), Eva Prima Tour, M Agus Utama (Waspada online), Isna ( Analisa), Ade Ardianta (Medan talk) dan Dandi Age( Kiss FM).

Virtual Hunt tahun ini menjadi begitu spesial, karena tim Medan, Indonesia berhasil meraih peringkat 1 yang dimenangkan tim Twin Towers dan tim Berjaya sebagai juara 2.

Dengan kemenangan tim Medan menyabet 2 juara sekaligus, Direktur Tourism Malaysia Medan, Hishamudin Mustafa, dengan berbahagia menyampaikan sukacitanya pada semua peserta yang terlibat.

Menurutnya, kemenangan ini bukan hanya milik Medan namun sleuruh tim Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020.

Ketika ditanya kunci kemenangan tim Medan dalam menyabet 2 tropi juara sekaligus, Hishamuddin mengatakan bahwa itu terjadi berkat kerja sama tim, kekompakan dan persiapan awal yang dibuat Tourism Malaysia Medan, peserta, dan semua tim Medan yang terlibat.

“Keberhasilan tim dari Medan kuncinya ada pada semangat dan kekompakan semua tim pada saat pertandingan berlangsung. Semangat juang yang dimiliki peserta ini juga sangat luar biasa. Dari awal briefing bersama di Medan sampai dengan pertandingan berakhir, dan menunggu pengumuman pemenang, peserta selalu optimis, semangat, dan keceriaan mereka tidak pernah kendur,” ujarnya.

Dengan media Medan keluar sebagai juara 1 dan 2 Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020 ini, menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Indonesia, khususnya Medan, Sumatera Utara.

Hishamuddin berharap, melalui program ini, persahabat yang terjalin antara Tourism Malaysia dengan para media di Indonesia semakin kuat demi peningkatan pariwisata kedua negara jiran. (rm-04)