Menag Ajak Dai Muda menjadi Pioner Penguatan Moderasi Beragama

Jakarta | rakyatmedan – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengapresiasi peran dan kiprah dakwah keluarga besar Forum Komunikasi Da’i Muda Indonesia (FKDMI). Menag menyampaikan selamat atas peringatan hari lahir FKDMI ke-14.

“Harlah ini tentunya sangat bermakna luas bagi pembangunan nasional. Dengan jaringan dan kapasitas sumber daya manusia yang dimiliki, FKDMI tentunya sangat mampu menjalankan fungsi dakwah secara baik dan terus berkarya dan mengabdi bagi umat dan bangsa,” kata Menag Fachrul Razi saat menyampaikan taushiyah pada zoom meeting dengan Sekretariat Wakil Presiden RI dan FKDMI, Kamis (17/12/2020).

Menag menjelaskan, salah satu aspek pembangunan nasional bidang agama adalah penguatan moderasi beragama. Menag menilai gerakan ini sebenarnya telah tumbuh di masyarakat sejak lama. Namun, penguatan moderasi beragama kembali digaungkan untuk terus merawat kerukunan, serta persatuan dan kesatuan.

“Keterlibatan ormas Islam, termasuk da’i muda akan sangat menentukan keberhasilan program moderasi beragama ini,” kata Menag.

“Saya berharap peran FKDMI semakin luas dan memberi warna bagi kemajuan bangsa. Saya yakin FKDMI memiliki kapasitas untuk menjadi pioneer penguatan moderasi beragama,” lanjutnya.

Para pemuda masa kini akan meneruskan estafet kepemimpinan ke depan. Karenanya, Menag mengajak FKDMI untuk terus mengembangkan kompetensinya. Apalagi, sejarah mencatat bahwa peran tokoh agama tak terbantahkan dalam pembangunan nasional. Ini tentu tak bisa dipisahkan dari peran dan eksistensi lembaga pendidikan dan ormas keagamaan.

“Kita mengenal Pesantren, Madrasah, majelis taklim dan institusi keagamaan lainnya yang telah jelas peran dan kontribusinya. Ini semua tentu membanggakan, karena peran merekalah, Indonesia tumbuh sebagai bangsa yang kaya akan toleransi dan harmoni,” tuturnya.

“Semoga peringatan harlah FKDMI ke-24 dan doa kebangsaan ini semakin meneguhkan visi dakwah kita sebagai visi da’i muda dan juga visi pemerintah. Umat rukun, Indonesia maju,” tutupnya.