Penggerak Olahraga Sumut, Wagubsu Raih Golden Award SIWO PWI Pusat 2020

Jakarta | rakyatmedan – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menerima penghargaan Golden Award 2020 dari Seksi Wartawan Olahraga – Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI), yang diserahkan Ketua PWI Pusat Atal S Depari di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Musa Rajekshah yang juga Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Sumut ini menerima penghargaan Golden Award SIWO PWI Pusat karena dinilai sebagai salah seorang tokoh penggerak olahraga di Indonesia, khususnya Sumut bersama tokoh penggerak olahraga lainnya yakni Azis Syamsuddin dan Steven Setiabudi Musa.

Selain itu, ada juga penerima penghargaan lainnya yakni pelatih terbaik Dirja Wiharja (angkat besi), pelatih harapan Rosida (atletik), pelatih favorite Suryadi (Dayung), pembina harapan Letjend Joni Supriyanto, Gubernur peduli olahraga M Nurdin Abdullah (Sulawesi Selatan) dan Bupati peduli olahraga Muhammad Yasin Payapo (Bupati Seram Bagian Barat).

Wagubsu mengucapkan apresiasi kepada SIWO PWI yang sudah menyelenggarakan malam penganugerahan ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Atal, Ketua PWI dan pengurus SIWO PWI atas amanah dan kepercayaannya memilih saya sebagai penggerak olahraga,” ucapnya.

Musa Rajekshah juga mengungkapkan, olahraga merupakan pemersatu bangsa. Dengan olahraga semua perbedaan tersingkirkan dan mengutamakan jiwa sportifitas dan persaingan yang sehat.

“Salah satu cara menjadikan negara yang maju dan besar adalah dengan cara membesarkan olahraganya. Banyak negara yang besar karena olahraganya. Diharapkan apresiasi ini dapat memotivasi seluruh pihak dan tidak hanya mengukir prestasi olahraga di tingkat nasional, namun juga internasional,” jelas Wagubsu.

Apalagi menurutnya, orang yang sehat adalah orang yang selalu berolahraga. Karena memang olahraga menjadi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh, khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Saya harap pemerintah menambah anggaran di Kemenpora, agar dapat membantu mengembangkan cabor lainnya didaerah,” harap Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali secara virtual mengungkapkan pemerintah mengapresiasi SIWO PWI yang dari tahun ke tahun mengagendakan acara pemberian penghargaan atau Golden Award terhadap insan olahraga, baik atlet, pelatih, pengurus, pembina, praktisi olahraga dan stakeholders olahraga.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, tentunya acara ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Saya yakin pelaksanaanya akan berjalan lancar dan tidak mengurangi makna dari apresiasi penghargaan ini walaupun saya tidak bisa hadir dan hanya mengirimkan video virtual,” harapnya.

Diakui Menpora, perkembangan olahraga Indonesia tidak terlepas dari peran wartawan, karena sebagus apapun pembinaan dan prestasi yang terukir, jika tidak karena wartawan, informasi itu tidak tersampaikan ke masyarakat.

“Sebagai informasi pemerintah dan stakeholder tengah mengupayakan hadirnya grand design pembinaan olahraga nasional kita, baik itu bentuknya olahraga pendidikan, olahraga rekreasi dan olahraga prestasi,” jelasnya.

Tanpa grand design yang jelas, menurutnya, tidak akan ada tercipta prestasi olahraga yang tumbuh dan berkembang maksimal untuk membanggakan bangsa ini.

“Saya harap Kemenpora, KONI, KOI dan lainnya bersama memikirkan satu desain yang baku dan bisa menjadi panduan pembinaan olahraga. Kita harus terus memperbaiki kualitas yang ada sehingga mampu bersaing di internasional dan olahraga kita diakui dunia,” jelasnya. (rm-06)