Mahasiswa FKIP UMSU Duta Pendidikan TI Indonesia 2020

Medan I rakyatmedan-Julpan Siregar, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terpilih sebagai Duta Pendidikan Teknologi dan Informasi Indonesia pada Grand Final Putera Puteri Pendidikan Indonesia 2020 di Bandung

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani, MAP menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Julpan Siregar, Putera Pendidikan Sumut yang terpilih menjadi terbaik nasional.

‘Selamat telah berhasil meraih prestasi yang membanggakan,” katanya disela sambutan kegiatan wisuda UMSU beberapa waktu lalu.

Turut hadir, Dekan FKIP UMSU Prof Dr Elfrianto, MPd, Wakil Dekan I Dra Syamsuyurnita, MPd, dan Wakil Dekan III Dr Dewi Kesuma Nasution.

Menurut rektor, prestasi yang diraih mahasiswa menjadi momen istimewa karena masih dalam suasana pandemi Covid -19 .

” Dalam suasana yang terbatas karena adanya protokol kesehatan, tentu capaian prestasi ini cukup membanggakan dan mudah-mudahan menjadi inspirasi dan motivasi bagi yang lain,” katanya.

Dijelaskan, UMSU selalu mendukung aktivitas minat dan bakat mahasiswa di bidang pengembangan diri, akademik, dan softskill baik yang diselenggarakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI maupun yang diselenggarakan lembaga-lembaga lainnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor berharap Julpan Siregar tidak merasa cepat puas dengan prestasi yang berhasil diraih. Sebaliknya perlu terus mengasah kemampuan untuk bisa mengikuti kompetisi lainnya.

Sementara, Julpan Siregar mengaku senang bisa mendapat prestasi pada pemilihan Putera Puteri Indonesia 2020,.

Pada acara yang digelar 17-19 Desember 2020 di Sari Ater Kamboti Hotel dan Convention, Bandung, dia berhasil mengungguli wakil dari sejumlah universitas unggulan.

Dijelaskan Julpan Siregar, untuk menjadi Putera Pendidikan Indonesia harus mengikuti seleksi di tingkat Sumatera Utara 2020. Para peserta wajib melewati tiga tahapan.

Pertama, seleksi administrasi seperti memberikan data dan sertifikat prestasi. Kedua, wawancara bersama panitia nasional dari Bandung, tentang visi dan misi dunia pendidikan. Ketiga, menulis essay dengan judul “Strategi Pemuda dan Memajukan Pendidikan Indonesia di Era 4.0.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

“Saya mengucapkan terimakasih, atas dukungan Bapak Rektor UMSU. Dukungan ini sangat berarti dan saya akan tampil maksimal membawa nama almamater di ajang nasional,” katanya. ( rm-04)