Dosen Bahasa Prancis Unimed Wakili Indonesia jadi Peserta JIPF

Medan, rakyatmedan-Dosen FBS Unimed, Dr. Andi Wete Polili, M.Hum. mewakili Indonesia dalam kegiatan Webinar internasional, sekaligus menayangkan secara live video para pengajar/narasumber internasional bahasa Prancis di seluruh dunia yang diadakan  Campus Francophonia Prancis pada 26 November 2020 secara daring.

Acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Guru Bahasa Prancis Sejagat, “Journée Internationale des Professeurs de Français” (JIPF).

Pihak panitia memberikan apresiasi dan penghormatan kepada beberapa pengajar bahasa prancis dunia untuk membuat video secara live “un témoignage” bangga menjadi pengajar bahasa prancis, yang berdurasi 2-3 menit untuk berpartisipasi dalam kegiatan tahunan internasional ini.

Beberapa pengajar bahasa prancis dunia yang terpilih berasal dari benua Asia, Afrika, Amerika, dan Eropa. Negara negara tersebut adalah Peru, Argentina, Costa Rika, Maroko, Senegal, Irlandia, Swedia, Rusia, Hongaria, Yunani, Portugal dan Indonesia.

Dosen prodi bahasa Prancis Unimed Dr. Andi Wete Polili, M.Hum. menjadi satu-satunya pengajar/dosen bahasa Perancis yang mewakili Indonesia dalam acara tersebut. Kegiatan tahunan ini sekaligus kesempatan yang sangat prestise di tengah pandemik Covid 19 dipergunakan untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia dan juga memperkenalkan keberadaan bahasa prancis di indonesia, khususnya di Sumatera Utara. ” Je suis fier d’être enseignant de français”

Pada kesempatam tersebut, Andi mengungkapkan “rasa bahagia sekaligus bangga menjadi pengajar bahasa prancis dan dipilih dari ribuan pengajar bahasa prancis di seluruh dunia, untuk mengikuti acara Journée Internationale des Professeurs de Français. Selain hal tersebut, nantinya juga akan ada lomba bahasa Prancis tingkat dunia yang akan diumumkan pada Januari 2021.”

Dekan FBS Dr. Abdurrahman Adisaputera, M.Hum. juga menyampaikan rasa bangganya karena dosen FBS Unimed bisa mewakili Indonesia dalam acara internasional tersebut. Kami sangat mengapresiasi dan mendukung dosen-dosen untuk meluaskan relasi dan pengalamannya, nantinya sangat berguna untuk kemajuan Unimed dan meningkatkan eksistensi Unimed dikancah Internasional. (rm-04)