Ikut Audisi LIDA 2021,  Fanisa Ingin Terkenal Seperti Lesti

Medan I rakyatmedan-Fanisa Harahap warga Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang, Sumut menyatakan kesiapannya berlaga di audisi online Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 yang digelar Indosiar.

Remaja belia yang berusia 14 tahun dan masih pelajar kelas 3 SMP ini mengaku ikuti ajang pencarian bakat ini karena ingin mengikuti jejak kesuksesan Lesti Kejora.

“Saya ngefans berat sama kak Lesti dan ingin terkenal seperti dia,” ungkap Fanisa usai tampil mengikuti audisi LIDA 2021 Provinsi Sumatera Utara Batch 2 digelar secara virtual.

Menurut Fanisa, keinginannya mengikuti audisi online LIDA 2021 ini untuk mengulangi harapannya menjadi penyanyi dangdut terkenal dan profesional.

Pasalnya pada 2018 lalu, Fanisa juga pernah mengikuti ajang yang serupa, tapi gagal dan hanya sampai pada tahap awal dan kedua saja.

Fanisa juga mengaku motivasinya mengikuti audisi online ini juga ingin membahagiakan orang tua.

Sebagai bekal mengikuti lomba ini, Fanisa mengaku sudah latihan vokal dan menghapal lagu berbulan-bulan lamanya.

Bungsu dari 3 bersaudara ini berharap keinginannya yang mendapat dukungan dari kedua orangtuanya itu tercapai dan menyatakan siap menjadi artis terkenal nantinya, meskipun tantangan untuk itu tidaklah mudah. 

Pada audisi online yang digelar, Selasa (5/1/2021) itu selain menampilkan Fanisa juga Ria Yolanda.

Yolanda mengaku keinginannya mengikuti audisi LIDA 2021 itu untuk memenuhi harapan almarhum ayahnya yang meninggal 4 tahun lalu.

Menurut Yolanda (23) ibu dari dua orang anak ini menyebutkan keikutsertaannya pada audisi ini juga untuk mengangkat derajat keluarga.

“Almarhum ayah saya pernah bercita-cita untuk bisa ‘mengantarkan’ saya ke panggung LIDA melalui berbagai tempahan  dan kemampuan dari panggung ke panggung di orkes dangdut,” kata Yolanda saat diinterview wartawan secara online. 

Yolanda penduduk Deliserdang ini menyebutkan, sebagai putri dari keluarga seniman, yang memiliki ayah pemain gitar dan ibu penyanyi orkes dangdut, bernyanyi bukanlah suatu hal yang asing bagi dirinya. Sebab kebiasaannya bernyanyi itu sudah ditekuni sejak 9 tahun lalu saat masih sekolah.

Dengan tempahannya sebagai penyanyi panggung bersama kedua orangtuanya itu membuatnya bertekad untuk mengikuti ajang pencarian bakat.

Namun tekadnya itu baru bisa dibuktikannya saat ini setelah ayahnya meninggal 4 tahun lalu  akibat suatu penyakit.

Menurut Yolanda keinginannya yang tertunda karena saat itu dirinya belum siap untuk bertanding di ajang LIDA.

Namun kini Yolanda yang mengaku memiliki kemampuan dan karakter “cengkok” dangdut Melayu, meyakini siap bertanding dengan para peserta audisi online LIDA 2021 lainnya, meskipun ajang pencarian bakat ini merupakan pertamakali diikutinya.

Yolanda yang bersuamikan musisi sebagai pemain alat musik bass ini berharap di ajang LIDA 2021 ini bisa merubah derajat  keluarganya dan memenuhi ambisinya sebagai penyanyi professional.

Pada audisi online LIDA 2021 ini Yolanda membawakan 4 buah lagu, di antaranya Kulepas dengan iklas, cincin kepalsuan dan satu buah lagu Mandarin

Sementara itu salah seorang perwakilan juri audisi online LIDA 2021 dari Sumut, Agung menyebutkan pada Batch 2 yang digelar secara virtual ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Menurut Agung yang juga produser LIDA 2021, pada audisi tahun ini lebih banyak keuntungan bagi para peserta yang  tidak perlu antri dan berkerumun isi formulir dari pagi, tapi cukup isi pendaftaran secara online.

Agung menyebutkan pada LIDA 2020 dari Sumut diwakilkan Pauzal Daulay. Untuk itu dia  berharap pada LIDA 2021 ini juga akan diperoleh duta yang akan lebih baik lagi membawa nama Provinsi Sumut,

Gratis

LIDA 2021 yang memulai audisinya sejak November 2020 lalu akan segera ditutup pada 17 Januari 2021 mendatang. LIDA 2021 sendiri telah menyelesaikan audisi onlinenya di 34 Provinsi untuk gelombang pertama.

Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad menyebutkan besarnya animo calon peserta LIDA 2021 membuat audisi online terus berjalan bahkan hingga ke gelombang kedua yang telah berlangsung sejak akhir Desember 2020 lalu.

Disebutkannya seluruh proses audisi LIDA 2021 gratis, Tidak dipungut biaya apapun. Setiap calon peserta yang menjalani audisi hingga lolos ke Jakarta akan dibiayai secara penuh oleh Indosiar tanpa perlu mengeluarkan biaya pribadi.

“Jadi kita harapkan agar hati-hati terhadap penipuan yang marak berlangsung dari pihak-pihak luar yang tidak bertanggung jawab karena Indosiar tidak pernah meminta ataupun memungut biaya sepeserpun untuk calon-calon pesertanya,” kata Harsiwi Achmad.

Panjangnya waktu pendaftaran, katanya diharapkan akan membuat calon peserta bisa lebih matang mempersiapkan diri sampai menjelang hari audisi online. 

Audisi online LIDA 2021 dapat diikuti pria maupun wanita berumur 14–25 tahun (kelahiran tahun 1996– 2007) yang memiliki bakat menyanyi lagu dangdut/ Melayu.

Calon peserta dapat mendaftar melalui website: www.indosiar.com dengan mengisi formulir secara online berupa data diri, antara lain kartu identitas, foto terbaru full body dan close up.

Tiap calon peserta juga harus mengupload 2 video cover di IGTV pribadi dengan menyanyikan lagu dangdut yang sudah ditentukan baik bertempo cepat (Up Beat) maupun tempo lambat (Slow Beat).

Link video yang sudah diupload ke IGTV kemudian dimasukkan pada form pendaftaran di kolom yang tersedia untuk proses penjurian. Akun instagram yang digunakan untuk mengunggah video tidak dalam kondisi private atau terkunci.

Lagu yang harus dibawakan peserta dalam video cover adalah “Gejolak Asmara” (Up Beat) dan “Tiada Tara” (Slow Beat) untuk peserta pria. Sedangkan lagu “Ditikam Asmara” (Up Beat) dan “Kulepas Dengan Ikhlas” (Slow Beat) wajib dinyanyikan peserta wanita. Seluruh lagu dinyanyikan secara full dan merupakan suara asli (tanpa mixing dan aplikasi) dan tanpa alat musik.

Nantinya pendaftar terpilih akan dihubungi langsung oleh pihak Indosiar untuk mengikuti audisi online via aplikasi zoom dan dinilai langsung oleh juri-juri dari Indosiar.(rm-04)

.