Program Cakap Sama JNE Dorong UMKM Go Online

Medan I rakyatmedan – Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, senantiasa berjuang untuk terus bertahan demi melangsungkan dan meningkatkan produk-produk bisnis penjualan mereka. 

Dengan perubahan perilaku berbelanja dari offline ke online, UMKM dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi secara digital.

Hal termudah yang dapat di terapkan  para pelaku UMKM adalah dengan memanfaatkan  media sosial  sebagai sarana berjualan produk-produk mereka.Menyikapi hal ini, JNE yang sangat peduli kepada UMKM melalui program Cakap Sama JNE menyelenggarakan seminar online bertajuk 2021 Go Online via platform Zoom, Selasa (26/1/2021).

Kepala Cabang JNE Medan, Fikri Alhaq Fachryana ketika membuka acara itu menuturkan, seminar online ini merupakan bagian dari CSR  JNE Medan.

“Situasi pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan baru bagi dunia usaha, khususnya bagi para pelaku UMKM. Terlebih setelah pandemi Covid 19 memaksa masyarakat untuk go digital,” katanya.

Disebutkannya, tiga supporting system Ekonomi Digital adalah Logistik, Financial Tech, dan Media Market. JNE adalah perusahaan Logistik terbesar di Indonesia, tentu memiliki komitmen dan kewajiban untuk membangun Ekonomi Digital.

Disebutkannya pendaftaran peserta seminar di buka selama 6 hari, antusiasme pendaftar mengakibatkan membatasi peserta sebanyak 75 peserta saja. Bahkan ada yang sampai nonton bareng, seperti ibu-ibu dari IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) Cabang Tebing Tinggi.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi semangat dan antusiasme masyarakat dalam mengikuti webinar ini. Acara ini merupakan program yang kami beri nama Cakap Sama JNE.,” katanya.

Perdana di 2021 yang dilakukan ini untuk menaikan kelas Digital Marketing para Online Seller. Tujuannya untuk mengedukasi dan memiliki tempat berjualan di berbagai media, yang disebut OMNI Channel, dimana Online Seller tidak hanya berjualan di marketplace tetapi juga harus dapat berjualan media sosial agar mudah dikenalAcara ini turut menghadirkan narasumber para wirausahawan sukses dan professional di bidangnya. Ada dua narasumber yang mengisi materi webinar kali ini, yaitu Alween Ong dan Qonitah Az-Zahra. Keduanya mengaku senang dapat berkontribusi dalam kegiatan ini.

Alween Ong yang merupakan seorang Sociopreuner menyampaikan materi berjudul “Langkah Memulai Bisnis Untuk Go Online”.

“Langkah memulai bisnis untuk Go Online adalah kita harus menentukan segmen pasar kita terlebih dahulu, kemudian kita dapat menentukan produk apa yang cocok kita jual. Setelah itu pastikan produk tersebut unik dan berbeda dari yang lain sehingga produk kita dapat di kenal lebih dan lebih melekat di ingatan para pembeli,” katanya.

Ia meyakinkan, dalam berbisnis  sudah punya rezeki masing-masing, bangkitlah tanpa harus menjatuhkan bisnis orang lain.

“Apapun bisnisnya selagi baik maka dimulai saja, seiring berjalannya waktu kita akan semakin banyak belajar dan memiliki pengalaman dalam berbisnis. Intinya jangan malu dan takut untuk memulai”, ungkapnya.

Materi dilanjutkan oleh Qonitah Azzahra yang membawakan tema tips dan trik mendapatkan orderan dari sosial media.

Ia mengatakan begitu banyak peluang bisnis di sosial media, jadi sebaiknya digunakan sebagai sarana untuk berjualan.

Menurutnya untuk memulai jualan online tidak perlu dengan modal besar, menjadi dropshipper suatu produk, perhatikan konten untuk di posting di sosial media terutama instagram, mengandung informasi dan menghibur.

Kemudian cantumkan informasi yang jelas di profil sosial media terkait nama usaha, alamat dan kontak yang dapat dihubungi.

Ia mengingatkan, feed yang menarik pada instagram akan lebih disukai oleh para calon pembeli.

“Maka persiapkan konten-konten yang menarik untuk diposting,” ujarnya.

Tercatat ada puluhan pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta dan keseruan acara semakin bertambah karena JNE membagikan voucher belanja kepada peserta lewat kuis selesai pemaparan materi.

Sesuai dengan tagline JNE, “Connecting Happiness” menyambungkan kebahagiaan, kepedulian JNE terhadap para pelaku UMKM memicu JNE untuk dapat terus berkontribusi lebih baik lagi dalam mendorong kemajuan ekonomi digital.

JNE telah lebih dari 3 tahun menginisiasi Go Digital Marketing. Diketahui tak hanya webinar online ini, JNE juga memiliki program edukatif lainnya seperti pelatihan design grafis yang lulusannya diminta untuk berkontribusi membantu para pelaku UMKM.

Kemudian program pendampingan dan tarif khusus pengiriman bagi pelaku UMKM yang Go Online, serta pengadaan community development yang tersebar di beberapa titik di Sumut  yaitu ruangan gratis yang dapat digunakan  pelaku UMKM yang ingin mengadakan diskusi dan pelatihan bagi kelompoknya.(rm-04)