Besok, Dirjen Pendidikan Tinggi Orasi Ilmiah di Hadapan 836 Lulusan UISU

SAMBUTAN. Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat memberikan sambutan pada Milad ke-69 UISU beberapa waktu lalu.
SAMBUTAN. Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat memberikan sambutan pada Milad ke-69 UISU beberapa waktu lalu.
Medan I rakyatmedanDirektur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti)  Kemendikbud RI, Prof Ir Nizam MSc DIC PhD akan orasi ilmiah dihadapan
836 lulusan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).
Orasi ilmiah itu disampaikannya dalam rangkaian wisuda pasca sarjana, profesi dan sarjana UISU di Convention Santika Hotel Medan, Sabtu (30/1/2021).

“Pada wisuda kali ini selain dihadiri Dirjen Dikti juga Gubsu Edy Rahmayadi yang juga Ketua IKA UISU.dan Kepala LLDikti Wilayah I Prof Ibnu Hajar,” ungkap Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin MAP didampingi Kepala Humas dan Protokoler UISU Zakaria Siregar, S.Sos, MSP, Jumat (29/1/2021).

Disebutkan rektor, jumlah peserta wisuda periode I TA 2020/2021 itu terdiri dari 598 program Sarjana dan 238 program pasca sarjana.

Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin MAP mengucapkan terimakasih kepada Kepala LLDikti Wilayah I Prof Ibnu Hajar yang telah menerbitkan surat Nomor 15/LL1/TI/2021 perihal hasil pemeriksaan wisuda tertanggal 15 Januari 2021.

Dengan terbitnya surat tersebut, kata Rektor sebagai bentuk penegasan hasil validasi terhadap nama-nama peserta wisuda yang sebelumnya sudah disampaikan UISU melalui surat Nomor: 3119/E/C.05/XII/2020.

Berdasarkan surat LLDikti itu, Rektor menyebutkan wisuda hanya dapat dilakukan pada prodi yang akreditasinya masih berlaku, ijazah dapat diberikan kepada wisudawan/ti apabila data mahasiswa sudah valid pada halaman forlap.kemendikbud.go.id.

Dari surat LLDikti itu juga disebutkan  bagi lulusan perguruan tinggi pada Desember 2020 wajib menggunakan penomoran ijazah nasional (PIN) sesuai surat Kepala LLDikti wilayah I Nomor: 102/LL1/KM/2020.

Terkait hal itu, Rektor menegaskan  akreditasi seluruh prodi di lingkungan UISU masih berlaku.

Rektor juga menambahkan berdasarkan Surat LLDIKTI Nomor  18/LL1/KB.00/2020, tanggal 9 April 2020 menegaskan legalitas UISU yakni Prof. Ismet Danial Nasution, drg PhD Sp.Pros(K), FICD  sebagai Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU dan Syofyan SH sebagai Ketua Pengawas Yayasan serta Dr Yanhar Jamaluddin MAP  sebagai Rektor.

Selain itu, Yanhar juga memastikan pelaksanaan wisuda yang akan digelar tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai dengan surat rekomendasi dari Satuan Tugas Penanggulangan Corona Virus Disease Pemprovsu Nomor: 812/STPCOVID-19/I/2021 tertanggal 26 Januari 2021.

“Setiap wisudawan wajib menggunakan masker dan face shield, membersihkan tangan dengan hand sanitizer serta melakukan pengecekkan suhu badan sebelum memasuki ruangan,” katanya.

Hanya saja, kata Rektor UISU, pihaknya berharap keluarga dan orangtua dan wisudawan dapat memaklumi kondisi ini, sehingga proses pelantikan tidak dapat didampingi dan diikuti keluarga atau orangtua.

“Kita akan tetap menerapkan phisical distancing atau jaga jarak berdasarkan kapasitas ruangan atau tempat acara,”ujarnya.

Namun, pihak panitia tetap akan menyiarkan pelaksanaan wisuda secara live melalui akun youtube humasuisu yang dapat diikuti seluruh keluarga, orangtua dan civitas akademika UISU.

Disebutkannya wisuda juga mengundang Koordinator Kopertais Wilayah IX Sumut.

Pihaknya berharap pelaksanaan wisuda berjalan lancar dan tertib sesuai dengan agenda acara yang sudah ditentukan panitia. (rm-04)