KA FoSSEI Sumbagut Dorong Bangkitkan Ekonomi Islam

Medan I rakyatmedan-Ekonomi Syariah saat ini telah banyak berkembang, baik secara keilmuan maupun tataran praktis, bahkan telah masuk dalam kebijakan politik nasional.

Ketua Umum FoSSEI Sumbagut Fikri Alhaq Fachryana STP MM mengatakan, dalam tataran keilmuan, saat ini semakin berkembang program studi ekonomi Islam di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumatera Utara dan Aceh.

Menurut Fikri, Korps Alumni Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (KA-FoSSEI) merupakan wadah bagi para alumni kelompok-kelompok studi ekonomi Islam (KSEI).

“Hingga akhir 2017, ada lebih dari 160 KSEI yang tergabung dalam organisasi FoSSEI, baik KSEI yang berada di perguruan tinggi negeri umum dan di perguruan tinggi negeri Islam maupun di perguruan tinggi swasta,” katanya, Senin (1/3/2021).

KA-FoSSEI secara resmi pertama kali dibentuk pada hari Jumat, 11 Juli 2004 di Bandung dengan tujuan, yakni sebagai tanggungjawab para alumni untuk tetap melalukan pembinaan kader FoSSEI bagi mahasiswa di kampus baik diploma dan sarjana untuk menjadi mahasiswa sejati menjalankan tri dharma perguruan tinggi dalam ekonomi syariah.

Disebutkannya alumni juga bertanggungjawab untuk menjaga idealisme dan keilmuan Ekonomi Syariah para lulusan agar ketika  memasuki dunia pasca kampus dapat menjaga nilai ekonomi Islam dalam setiap aktifitas dan pekerjaannya.

FoSSei juga dimaksudkan dapat menjadi wadah silaturahmi dan pembinaan alumni agar tetap saling sharing dan memotivasi untuk tetap memiliki idealisme dan meningkatkan profesionalisme ekonomi syariah dimana pun bekerja.

Selain itu, katanya keberadaan FoSSei juga untuk mensyiarkan ekonomi syariah kepada masyarakat sebagai bagian dari kontribusi ilmu pengetahuan dari hasil studi selama di kampus atau kelompok kelompok studi Ekonomi Islam.

Dalam AD ART sendiri KA FoSSEI memiliki visi pembumian ajaran Islam dalam bidang ekonomi. Sedangka  misinya untuk merekatkan tali silahturahim di antara para anggota, mengoptimalkan peran profesional para anggota dan membina serta mendampingi FoSSEI dan anggotanya dalam upaya menguatkan peran dakwah ekonomi syariah.

Untuk menjalankan visi misinya KA FoSSEI Sumbagut (Sumatera Utara & Nangroe Aceh Darussalam) pada Sabtu, (20/02/2021) bermusyawarah untuk memberikan amanah kepengurusan periode bakti 2021 – 2023.

Susunan pengurus ini akan disampaikan ke Majelis Pimpinan Pusat untuk disahkan.

Kepengurusan  FoSSEI Sumbagut yakni Ketua Umum Fikri Alhaq Fachryana STP MM (Pimpinan Cabang Utama JNE & Amanah Negeri Foundation).

Sekretaris, Hartato Rianto SE Sy ME (Dosen Universitas Pembangunan Pancabudi). Bendahara, Sri Rahayu, SE MSi CAP (Gugus Kendali Mutu Dept Akuntansi UISU) dan bidang –bidang lainnya seperti bidang Keanggotaan, Pembinaan Profesionalisme, Pembinaan Kader FoSSEI, Komunikasi dan Kemitraan,

“Ekonomi Islam diharapkan mampu menjawab tantangan zaman. Selain itu para kader juga diharapkan mampu menjadi role model di masyarakat dan  menjalin kemitraan dengan berbagai pihak untuk menjalankan program internal dan eksternal KA.FoSSEI”, pungkas Fikri.( rm-04)