Ketua MWA : Rektor dan Para Wakilnya harus jadi Tim Impian Majukan USU

Medan I rakyatmedan – Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara (USU) Nurmala Kartini Pandjaitan mengatakan USU merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar dan menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara.

“Rektor dan para wakil rektor harus menjadi dream tim atau tim impian menjawab tantangan untuk membawa USU masuk tataran universitas kelas dunia,” kata Nurmala saat melantik lima wakil rektor USU di Gelanggang Mahasiswa, kampus USU Padang Bulan Medan, Selasa (9/3/2021)

Nurmala menyebutkan saatnya USU bersaing di kompetisi internasional. Karena itu harus terus berbenah meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Langkah tersebut penting dilakukan guna menjawab berbagai tantangan dalam kompetisi internasional.

Disebutkannya, kendati telah banyak prestasi di bidang pendidikan yang ditorehkan USU, namun semua harus terus berjuang guna menjawab beragam tantangan. Termasuk meningkatkan sumberdaya manusia di USU.

“Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dibendung kecuali menyongsongnya. Namun saya optimis rektor bersama para wakil rektor dan seluruh sivitas akan mampu membawa perguruan tinggi ini masuk tataran universitas kelas dunia,” tegas Nurmala.

Untuk itu dia juga mengingatkan USU jangan lagi berkompetisi secara internal, tapi saatnya berkompetisi secara internasional .

Lebih lanjut ditegaskannya, keragaman dan perbedaan berpikir sivitas USU harus membawa kemajuan USU. Jadi jangan habiskan energi hanya untuk membahas perbedaan di lingkungan perguruan tingi terbesar di Sumut ini.

Menurutnya perbedaan yang ada di lingkungan USU merupakan warna dan kekuatan bagi USU menghadapi persaingan global.

Para wakil rektor USU yang dilantik untuk periode 2021-2026 itu tersebut adalah, WR I, Edy Ikhsan, WR II, M Arifin Nasution, WR III Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, WR IV, Opim Salim Sitompul dan WR V Luhut Sihombing.

Hadir dalam acara tersebut Rektor USU Dr Muryanto Amin, Sekretaris MWA, Prof Guslihan, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, pejabat birokrat dan militer serta undangan lainnya
Rektor USU, Muryanto Amin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan infrastruktur dan SDM menjawab persaingan global.

Menurutnya beragam capaian yang telah diraih USU, sehingga yang perlu diperhatkan adalah perkembangan dunia dan kemajuan teknologi yang dahsyat. Untuk itu Rektor mengajak seluruh sivitas untuk bergandeng tangan membawa USU meraih reputasi internasional.

“Jika USU ingin tampil di kacah internasional maka perlu membangun image positif tentang USU,” katanya seraya menyebutkn menjawab tantangan ke depan dari beberapa hal yang menjadi indicator antara lain kualitas SDM dan kolaborasi.

Diakuinya kualitas perguruan tinggi bisa diwujudkan dengan meningkatkan jumlah penelitian dari para dosennya. Karena dengan begitu, tidak akan ada omong kosong dalam perkuliahan.

“Untuk kolaborasinya jangan pernah menganggap sesama dosen adalah saingan melainkan dream tim. Berhentilah untuk saling bersaing. Tapi yang dibutuhkan itu adalah saling berkolaborasi, agar pendidikannya dapat terus berjalan, dan akan ada manfaat lebih dari kolaborasi itu,” katanya.

Pada prinsipnya, sekarang ini sudah waktunya USU bersaing secara global. Bukan lagi bersaing dengan sesama perguruan tinggi di negara sendiri. Dengan demikian tidak ada waktu lagi hidup berleha dan tidak mau berkembang.

Dengan dilantikanya para wakil rektor ini, Muryanto berharap pelantikan ini dapat menjadi langkah awal bagi USU melangkah ke tingkat internasional.

Diakuinya USU memang masih jauh dari World Class University, tapi dia optimis dengan kerja sama yang baik USU akan melangkah ke sana. (rm-04).