Rektor  USU akan Evaluasi Kinerja 22 Pejabat  yang Baru Dilantik

Medan I rakyatmedan– Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), DR Muryanto Amin akan mengevaluasi kinerja 22 pejabat di lingkungan USU yang baru dilantik.

” Evaluasi itu akan dilakukan per triwulan, 6 bulan dan 1 tahun. Mohon maaf, kita akan evaluasi secara bertahap. Kita tidak main main,” tegas Muryanto pada pelantikan 22 pimpinan lembaga dan satuan kerja (Satker) di lingkungan USU di Gelanggang Mahasiswa USU, Senin (15/3/2021).

Untuk itu, lanjut Rektor, dalam waku dekat ini pejabat yang dilantik akan menandatangani kontrak kinerja untuk.melihat capaian yang mereka lakukan mengatasi masalah dan merancang mitigasi rencana itu.

“Jadi bagi performnya yang bagus, tetap kita pertahankan dan bagi yang tidak bagus akan diberikan sanksi misalnya berupa pemberhentian,” tandasnya.

Selain tetap dipertahankan, sambung Rektor bagi pimpinan lembaga maupun satker yang bagus akan diingkatkan insentifnya.

Menurut Rektor seluruh pejabat yang dilantik memiliki banyak peran yang sangat urgen dan krusial. Ada hal yang penting dan harus disikapi dalam melaksanakan rencana strategi.

“Kita perlu meletakkan pondasi yang tidak bisa lagi ditawar dan harus dijadikan sebagian rujukan untuk melakukan perubahan,” ucapnya.

Untuk itu ada 8 hal penting yang harus dilakukan di antaranya tata kelola lembaga ini dan berkaitan dengan penilaian dari masing masing pancapain kinerja. Karenanya kewajiban itu akan tertuang dalam kontrak kinerja yang akan dilaksanakan.

Selain itu para pejabat juga menyampaikan janji dan sumpah jabatan untuk lebih mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi dan tetap menjunjung tinggi kehormatan universitas.

Menurut Rektor pejabat yang dilantik ini menduduki lembaga penting. Sebenarnya, inti produk dari layanan akademik di perguruan tinggi, selain lulusan mahasiswa, adalah riset dan publikasi serta pengabdian masyarakat.

“Jadi mereka yang dilantik ini, memiliki tanggung jawab yang cukup besar, membawa USU menjadi lebih dari hari ini dan mempertahankan klaster 1 serta berupaya meningkatkan urutan rangkingnya. Mudah mudahan InsyaAllah bisa masuk ke 10 besar di rangking nasional,” harap Rektor.

Rektor juga memberikan tugas kepada para pejabat yakni memperbaiki outcome yang saat ini masih rendah.

“Itu kita perbaiki dengan mencantumkan dan menuliskan apa yang harus mereka kerjakan, outcomenya apa, outputnya apa, tertulis disitu. Jadi dalam waktu tertentu, misalkan dalam 6 bulan, jumlah publikasi ilmiahnya harus sekian, maka dalam 6 bulan itu harus tercapai. Kalau enggak dia akan dievaluasi,” tandasnya.

Rektor juga optimis, pimpinan yang dilantik adalah orang yang tepat dan dia juga mengucapkan terimakasih kepada pejabat yang lama atas dedikasinya selama ini.

Di tempat yang sama, Kepala Humas, Promosi dan Protokoler USU
Amalia Meutia, MPsi., Psikolog berharap bagaimana hubungan dengan media ke depannya semakin baik.

“Semakin baik media relation USU dengan rekan- rekan semua, tentunya akan menunjang branding USU sebagai universitas yang baik pula,” terangnya.

Selain itu, dia berkeinginan mengejar digitalisasi dan kampus merdeka belajar. Tentu saja peran humas di sini adalah mendukung visi tersebut supaya USU bisa menjadi barometer pendidikan yang unggul ditatanan global.

“Jadi bagaimana bisa menjadi global, pastinya dengan membuat image dan branding USU ke tingkat nasional dan internasional.  Pastinya dengan bantuan rekan rekan semua. Enggak kan mungkin hal itu terjadi dengan baik tanpa ada kontribusi dari teman teman. Mohon kerjasama yang baik,” ungkapnya.

Adapun 22 pimpinan lembaga dan satker yang dilantik antara lain, Direktur Pasca Sarjana Prof Ir. T. Sabrina, M.Agr.Sc., Ph.D, Wakil Direktur I Prof. Dr. Ir. Evawan Yunita Aritonang M.Si, Wakil Direktur II Prof. Dr. Ir. Hamidah Harahap M.Sc, Ketua Lembaga Penelitian USU Prof Dr Robert Sibarani, Sekretaris Prof. Dr. Syafruddin Ilyas M.Biomed.

Selian itu Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Prof Dr Tulus Vor.Dipl.Math, M.Si, Ph.D, Sekretaris Meutia Nauly, S.Psi., M.Si., Psikolog, Ketua Unit Manajemen Mutu Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.Pd Ked, Sekretaris Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep.

Kemudian Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan USU Rahmi Syaflida, drg.,Sp.BM, Wadir I Gostry Aldica Dohude, drg.,Sp.BM, Wadir II Kholidina Imanda Harahap, drg.,M.DSc, Kepala Perpustakaan Laila Hadri Nasution, S.Sos, M.P, Wakil Kepala Sundari, S.Sos, Kepala Laboratorium Ilmu Dasar (LIDA) Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc, Kepala Unit Pengembangan Pendidikan Prof Dr Dwi Suryanto MSc, Sekretaris Ely Hayati Nasution SS MHum, Kepala Kantor Humas USU Amalia Meutia MPsi Psikolog dan Kepala Kantor Arsip USU Aisyah SE MSi. ( rm-04)