Rakerwil LLDikti Sumut Diwarnai Zoom di Atas Kapal Kelilingi Samosir

Medan I rakyatmedan– Pelaksanaan rapat kerja wilayah (rakerwil) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut kali ini ada suasana berbeda dari tahun- tahun sebelumnya.

Rangkaian kegiatan berlangsung di Inna Parapat Hotel, Kamis hingga Sabtu (18-20/3/2021) itu juga diadakan secara daring (zoom) di atas kapal mengelilingi Samosir.

Kegiatan hari kedua rakerwil dilaksanakan di kapal keliling Samosir itu menampilkan Usman Chatib Warsa dari LAM-PTKes) sebagai narasumber. Ia memaparkan tentang Implementasi kebijakan akreditasi program studi kesehatan

Sekretaris LLDikti Sumut Dr Mahriyuni MHum ketika menutup rakerwil menjelaskan, kegiatan secara luring mengelilingi Samosir, Danau Toba yang juga bisa diikuti secara daring dengan aplikasi zoom di atas kapal baru pertama kali ini dilaksanakan agar ada suasana yang lain dan lebih fresh.

Pada rakerwil itu selain dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Ir Nizam MSc DIC Phd,  juga Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Dr Henri Togar Hasiholan Tambunan SE MA, Direktur Jenderal Kelembagaan Dr Ir Ridwan MSc dan Direktur Sumber Daya Dr M Sofwan Effendi MEd.

“Dengan keikutsertaan empat pejabat tinggi di Kemendikbud itu memberikan masukan dan dorongan serta motivasi bagi PTS di Sumut dalam upaya memenuhi ketentuan yang berlaku dan peningkatan mutu baik bagi mahasiswa maupun dosen,” kata Mahriyuni, Rabu (24/3/2021).

Mahriyuni mengatakan, rakerwil bisa disaksikan streaming di kanal youtube LLDikti Wilayah I Sumut ini bertujuan meningkatkan mutu perguruan tinggi swasta.

Ia pun mengaku senang melalui diskusi-diskusi yang dilakukan selama rakerwil berlangsung memberikan pemahaman dan kesamaan pandangan mengenai pentingnya peningkatan mutu perguruan tinggi tersebut.

“Saya senang karena rakerwil LLDikti Wilayah 1 berjalan lancar dan sukses. Peserta aktif dan antusias mengikutinya,” ujarnya.

Hadir juga pada rakerwil itu Kepala Bagian Tata Usaha LLDikti Sumut Azhar SH MH, Ketua Satuan Pengawas Internal LLDikti Yuris Danilwan SE MSi PhD, sejumlah pimpinan perguruan tinggi antara lain Rektor UMSU Dr Agussani MAP, Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi, Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes, serta fungsional LLDikti Wilayah I Sumut.

Sebelumnya Mahriyuni juga menyampaikan paparannya tentang Perjanjian Kinerja Perguruan Tinggi Swasta ( PK PTS).

Disebutkannya Perjanjian Kinerja merupakan dokumen yang berisikan penugasan dengan pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program atau kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja.

Mahriyuni berharap melalui Perjanjian Kinerja akan terwujud komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dengan penerima amanah atas kinerja terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya manusia yang tersedia.

Disebutkannya, sampai saat ini  belum sepenuhnya menyerahkan dokumen PK PTS dan masih 10 yang baru menyerahkan ke LLDikti Sumut.

Menurut Mahriyuni perjanjian kerja inilah salah satu bagian dari pada komitmen perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi sesuai dengan 8 indikator kinerja utama perguruan tinggi sesuai dengan UU Nomor 24 tahun 2020.

Karena itu Mahriyuni berharap agar PTS menyerahkan PK-nya ke LLDikti yang nantinya menjadi dasar untuk memastikan kelayakan dalam menyelenggarakan kegiatan atau perkuliahan secara bermutu sesuai dengan target kemendikbud, yaitu berkaitan dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.
(rm-04)

 

 

 

.