JNE Medan Sumbang Perahu Karet kepada BSMI Sumut

MedanI rakyatmedan- JNE Express Cabang Utama Medan memberikan bantuan sosial perahu karet kebencanaan kepada Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumatera Utara.

Kepala Cabang JNE Cabang Utama Medan, Fikri Alhaq Fachryana mengatakan, bantuan itu sebagai bentuk kepedulian perusahaan yang sesuai dengan slogan “Connecting Happiness” yaitu mengantarkan kebahagian serta memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat sekitar.

“Bantuan tersebut ditujukan untuk mengantisipasi datangnya musibah banjir yang sering terjadi di Medan dan sekitarnya,” kata Fikri, Kamis (1/4/2021).

Disebutkannya jumlah bantuan sebanyak 1 unit perahu karet, 5 pelampung, kayuh dan helm pengaman.

Seremonial penyerahan bantuan  pada Rabu (31/3/2021) itu diterima Ketua BSMI Sumatera Utara, Nur Yunita di Kantor BSMI tersebut Jalan Pasar 1 No. 49 A Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Medan Selayang Kota Medan.

Hadir pada penyerahan bantuan itu Kepala BPBD Medan, Arjuna Sembiring selaku, Kepala Seksi Sumber Daya Kantor Pencarian dan Pertolongan Kota Medan, Joni Superiadi, Lurah Tanjung Sari M. Husnul Hafis,  mewakili FOZ, M Iqbal Farizi dan Ibnu Rayyan mewakili Dinas Sosial Kota Medan.

Menurut Fikri, mengingat JNE memiliki komunitas Tanggap maka juga ingin dilibatkan dalam pelatihan relawan banjir, sekaligus karyawan JNE yang tergabung dalam TAGANA tersebut direkrut untuk bergabung menjadi relawan.

Dalam kesempatan tersebut, dia berharap bantuan perahu karet yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Disebutkannya, sejalan dengan upaya pemerintah Kota Medan, JNE berusaha berkontribusi dalam hal tanggap darurat kebencanaan.

Fikri berharap, perahu karet ini yang merupakan satu dari beberapa alat-alat pertolongan kebencanaan yang ada di Kota Medan dapat bermanfaat dan menjadi amal jariyah bagi seluruh karyawan JNE.

” Kami juga berharap perahu karet ini tidak pernah digunakan untuk kebencanaan namun digunakan untuk pelatihan. Pasalnya kita sama sekali tidak berharap adanya banjir di Kota Medan. Apalagi program-program yang dilakukan Bobby Afif Nasution selaku walikota Medan dalam waktu yang cepat dapat mengantisipasi masalah banjir,” ungkapnya.

Semoga dengan semangat “Connecting Happiness”, katanya JNE yang merupakan perusahaan asli Indonesia dapat terus konsisten berkontribusi dan berbagi manfaat lebih banyak lagi untuk masyarakat.

Ketua BSMI Sumut, Nur Yunita sangat mengapresiasi JNE yang telah memberikan seperangkat perahu karet kebencanaan kepada BSMI Sumut.

Beliau berharap ada perusahaan lainnya yang mengikuti nilai-nilai baik terhadap kepedulian sosial seperti JNE.

“Ini bukan sinergi JNE dan BSMI yang pertama. Sebelumnya sudah terjalin kolaborasi lainnya. Untuk itu kami sangat mengucapkan terimakasih kepada JNE yang sudah konsisten dapat berkontribusi dalam setiap kegiatan sosial yang diadakan BSMI khususnya Sumut.” Kata Nur Yunita

Menurutnya sinergi ini harus terus  dijaga dan saling mendukung. Karena tujuannya sama yaitu hadir dan berguna bagi masyarakat.

” Semoga JNE dapat menginspirasi berbagai kalangan maupun perusahaan lainnya,” ujarnya.

Senada disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution dalam sambutannya yang diwakilkan  Arjuna Sembiring, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Medan.

Dia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada JNE. Karena keberadaan perahu karet kebencanaan memang sangat diperlukan mengingat tingginya curah hujan di Sumut.

Perahu karet kebencanaan ini diharapkan mampu membantu relawan dalam memaksimalkan membantu para korban bencana dalam hal akses, evakuasi, dan pendistribusian bantuan.

Selain itu perahu karet kebencanaan dari JNE ini juga akan digunakan untuk pelatihan tim relawan dari berbagai lembaga maupun komunitas agar saat dibutuhkan, tim relawan dapat menggunakan perahu karet tersebut dengan maksimal. ( rm-04)