Pramuka UISU Gelar Gema Ramadhan 1442 H di Desa Pematang Kwala

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP memberikan sambutan saat pembukaan Gema Ramadhan 1442 H di Kantor Desa Pematang Kwala Kecamatan Teluk Mengkudu Sergai.
Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP memberikan sambutan saat pembukaan Gema Ramadhan 1442 H di Kantor Desa Pematang Kwala Kecamatan Teluk Mengkudu Sergai.

Medan I rakyatmedan-Pramuka  Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melaksanakan Gema Ramadhan 1442 H di kantor Desa Pematang Kwala Kecamatan Teluk Mengkudu Serdang Bedagai selama 4 hari (22-25/4/2021).

Gema Ramadhan 1442 H Gudep 10.487-10.488 Pramuka UISU tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan Dakwah Islamiyah dan Pengabdian Masyarakat .

Pada kegiatan itu dibuka Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP beserta Ketua Pembina Gudep 10.487-10.488 Pramuka UISU Ir. H. Haris Nasution MT, Ketua LPKM UISU Dr. Rahmat Setiabudi, Kepala Desa Pematang Kwala Ramlan serta aparatur desa dan anggota Pramuka UISU.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP  dalam sambutannya mengatakan sangat bersyukur dan bangga dengan adanya kegiatan itu.

Rektor mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Pramuka UISU sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Pematang Kwala yang memberikan support dan membantu hingga  Gema Ramadhan 1442 H dapat dilaksanakan.

Dijelaskan Rektor UISU, Gema Ramadhan 1442 H merupakan implementasi dari MoU antara Rektor UISU dan Bupati Serdang Bedagai yang ditandatangani beberapa waktu lalu.

“Ini adalah kali keempat saya hadir dalam kegiatan pengabdian di Desa Pematang Kwala, karena desa ini merupakan Desa Mitra UISU,” ujarnya.

Sebelumnya, Rektor UISU hadir pertama kali dalam program penanaman bakau dan dilanjutkan dengan pemberian bantuan dari pemprov Sumut yang disalurkan melalui UISU serta kegiatan pelatihan pemanfaatan/daur ulang sampah menjadi arang.

Kepada mahasiswa UISU yang tergabung dalam Pramuka, Rektor berharap agar memanfaatkan peluang dan kegiatan Gema Ramadhan semaksimal mungkin untuk bisa berkontribusi kepada masyarakat di Desa Pematang Kwala.

Selain itu, Rektor UISU juga mengingatkan agar seluruh mahasiswa yang mengikuti  Gema Ramadhan tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Dikatakan Rektor Gema Ramadhan ini sejalan dengan visi UISU menjadi perguruan tinggi yang islami, andal, teruji, bermartabat mulia, dicintai masyarakat dan diridhoi Allah SWT melalui catur dharma UISU.

“Jika dilihat dari sisi catur dharma UISU, kegiatan ini merupakan imlementasi dari kegiatan dakwah Islamiyah sekaligus pengabdian kepada masyarakat,” jelas Rektor.

Sementara itu, Kepala Desa Pematang kwala Ramlan mengucapkan terimakasih kepada UISU yang sudah menjadikan Pematang kwala menjadi desa mitra.

Hal itu terbukti dengan banyaknya kegiatan UISU yang dampaknya dapat dirasakan  masyarakat di Desa Pematang Kwala.

“Jika adik-adik membutuhkan bantuan atau apapun kami siap untuk memfasilitasi dan membantu agar kegiatan Gema Ramadhan 1442 H berjalan lancar,” tegasnya.

Bahkan, lanjut Ramlan, desa-desa lain juga berharap dapat bekerjasama dengan UISU agar dapat melaksanakan kegiatan serupa.

“Rencananya, tahun depan ada 12 Desa di Serdang Bedagai yang berharap agar UISU hadir untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat,” sambungnya.

Kegiatan pembukaan itu juga dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Pramuka UISU dengan Kepala Desa Pematang Kwala tentang Dakwah Islamiyah dan Pengabdian Masyarakat.

Rektor UISU juga menyerahkan paket bantuan masker dan hand sanitizer yang akan disalurkan kepada masyarakat.
Ketua Panitia Gema Ramadhan, Ade Yasa Inhaula menjelaskan pihaknya akan melakukan berbagai rangkaian kegiatan.

“Acara pertama, kita akan melaksanakan pesantren kilat selama 3 hari, yaitu hari jumat, Sabtu dan Minggu,”ujar Ade yang juga mahasiswa FAI UISU ini.

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan perlombaan adzan, ceramah singkat shubuh hingga pengabdian masyarakat dalam bentuk pembersihan masjid. ( rm-04