FOTO BERSAMA. Presiden Jokowi berfoto bersama dalam agenda KTT ASEAN-India di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis (15/11). | Foto: istimewa
FOTO BERSAMA. Presiden Jokowi berfoto bersama dalam agenda KTT ASEAN-India di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis (15/11). | Foto: istimewa

Singapura | rakyatmedan – Kerjasama maritim harus ditingkatkan untuk memastikan terwujudnya keamanan maritim, sehingga dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi, dan memperkuat perdamaian dan stabilitas.

Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam ASEAN-India Informal Breakfast Summit yang digelar di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis (15/11).

“Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerjasama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim,” ujar Presiden.

Presiden meyakini bahwa semua upaya tersebut bisa dicapai bila kita memperkuat kawasan Indo-Pasifik yang mengedepankan kerjasama maritim, konektivitas, dan pembangunan berkelanjutan, bukan mengedepankan persaingan.

“Kerjasama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah common destiny kita,” tutur Presiden. Melalui kerjasama Indo-Pasifik, lanjut Presiden, kemitraan ASEAN-India akan semakin erat.

“ASEAN-India akan terus tumbuh lebih sejahtera, dan ASEAN-India dapat terus berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan,” kata Kepala Negara.

Dalam pertemuan tersebut, selain dihadiri oleh kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN, juga dihadiri oleh Perdana Menteri India Narendra Modi. (rm-01)