SERTIJAB. Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin langsung upacara serah-terima jabatan (sertijab) Brigjen Tomsi Tohir sebagai Kapolda Banten. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/11). | foto: istimewa
SERTIJAB. Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin langsung upacara serah-terima jabatan (sertijab) Brigjen Tomsi Tohir sebagai Kapolda Banten. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/11). | foto: istimewa

Jakarta | rakyatmedan – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin langsung upacara serah-terima jabatan (sertijab) Brigjen Tomsi Tohir sebagai Kapolda Banten. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/11).

Pelantikan perwira tinggi Polri itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2947 /XI/KEP/2018 tanggal 17 November 2018. Dalam hal ini Brigjen Tomsi Tohir menggantikan Brigjen Teddy Minahasa.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundangan-undangan dan segala macam tugas kedinasan yang diberikan kepada saya dengan pengabdian dan penuh tanggung jawab,” ujar Kapolri membacakan sumpah sertijab yang diikuti Brigjen Tomsi.

“Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan Kepolisian Negara Republik Indonesia; dan senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan,” sambung Tomsi.

Dia juga mengucap sumpah tidak akan melakukan perbuatan korupsi, kolusi dan nepotisme. Kemudian bekerja dengan jujur, disiplin dan bertanggung jawab demi kepentingan masyarakat.

“Bahwa saya akan memegang rahasia atau sesuatu yang menurut sifatnya, atau menurut perintahnya harus saya rahasiakan. Bahwa saya tidak akan melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme dan gratifikasi berupa apa saja, dari atau kepada siapapun juga, dan juga yang diduga atau patut diduga untuk menggerakan atau melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang berseberangan dengan kewajiban jabatan dan pekerjaan,” kata Tomsi.

“Bahwa saya akan bekerja jujur, disiplin, bertanggung jawab; cermat dan semangat untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara,” lanjutnya.

Turut hadir Wakapolri Komisaris Jenderal Ari Dono, Irwasum Polri Putut Eko Bayuseno, Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto, Kabaintelkam Polri Komisaris Jenderal Lutfi Lubihanto, Kakorlantas Inspektur Jenderal Refdi Andri, Kadiv Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal M. Iqbal, Karopenmas Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo, dan sejumlah perwira tinggi Polri.