TERIMA PENGHARGAAN. Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH terima penghargaan Dwija Praja Nugraha dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). | foto: istimewa
TERIMA PENGHARGAAN. Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH terima penghargaan Dwija Praja Nugraha dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Dwija Praja Nugraha karena kepeduliannya terhadap pendidikan dan nasib para guru di Kota Medan. Penghargaan itu diserahkan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi memberikan penghargaan itu kepada walikota pada puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12 ). Penghargaan ini diterima walikota disaksikan sekitar 50.000 perwakilan guru se-Indonesia.

Selain Walikota Medan, ada 2 gubernur, 4 wali kota dan 9 bupati yang menerima penghargaan paling bergengsi dalam dunia pendidikan di Tanah Air tersebut. Penghargaan ini merupakan bentuk penilaian dan apresiasi dari para guru yang tergabung dalam organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kepada para kepala daerah.

Sebelum memberikan penghargaan, PB PGRI telah melakukan penilaian. Dari hasil penilaian itulah, PB PGRI selanjutnya memberikan penghargaan Dwija Praja Nugraha sebagai bentuk apresiasi atas para kepala daerah yang peduli dengan pendidikan dan nasib para guru di wilayahnya masing-masing, salah satunya Walikota Medan.

“Penghargaan Dwija Praja Nugraha yang kita berikan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi untuk memajukan pendidikan maupun meningkatkan kesejahteraan guru,” kata Ketua Besar PGRI Dr. Unifah Rosyidi.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengaku sangat bangga menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha. Penghargaan itu tentunya menjadi kado berharga karena bertepatan masih nuansa Hari Guru.

Dikatakan walikota, dirinya beserta seluruh jajaran Pemko Medan selama ini telah berkomitmen penuh untuk memajukan pendidikan serta meningkatkan kesejahteraan guru.

“Alhamdulillah, saya mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena mendapatkan penghargaan Dwija Praja Nugraha. Tentunya ini sangat membanggakan, apalagi yang menyerahkan Bapak Presiden langsung. Penghargaan ini tentunya semakin memotivasi kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Medan,” kata walikota.

Selanjutnya walikota mendedikasikan penghargaan itu kepada seluruh stakeholder pendidikan dan para guru, termasuk jajaran Dinas Pendidikan Kota Medan. Dengan penghargaan yang baru diterima itu, semua pihak yang terkait dengan pendidikan diharapkannya terus membangun sinergitas dan bahu membahu untuk memajukan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Medan.

Pemko Medan, jelas walikota, terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Medan. Selain rutin memberikan diklat dan pelatihan, para guru juga terus didorong untuk meningkatkan kompetensinya guna memenuhi standar profesionalisme dalam rangka mengajar dan membimbing anak didiknya.

“Upaya yang kita lakukan ini tak akan terwujud tanpa dukungan penuh semua pihak,” pesannya.

Plt. Kadis Pendidikan Kota Medan Ramlan Tarigan yang ikut mendampingi Walikota menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha mengatakan, penghargaan yang baru diterima itu tidak terlepas dari kepedulian dan komitmen yang sangat tinggi dari mantan Wakil Walikota dan Sekda Kota Medan untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan para guru di Kota Medan.

“Sejak menjabat sebagai Walikota, Pak Eldin sangat peduli untuk memajukan pendidikan. Terbukti, pendidikan di Kota Medan terus maju sejak kepemimpinan beliau. Tidak hanya itu saja, Pak Walikota juga sangat peduli untuk meningkatkan kesejahteraan guru honor baik SD maupun SMP Negeri. Untuk tahun 2018, Pemko Medan mengalokasikan dana sebesar Rp.18 miliar untuk membantu meningkatkan kesejahteraan guru honor di Kota Medan,” jelas Ramlan.

Dengan penghargaan yang baru diterima itu, Ramlan pun berharap walikota semakin termotivasi untuk memajukan pendidikan sekaligus mensejahterakan para guru, terutama guru honorer. Dia berharap apa yang dilakukan Walikota Medan dapat menjadi contoh bagi kepala daerah lainnya di Indonesia. (rm-05)