Spesialis Oncology RS Pantai Hospital Penang, Dato’ Dr T Aloysius Raj (ke 2 kiri) didampingi perwakilan MediOne, Cheryl Niryana (ke 2 kanan) foto bersama dengan panitia lainnya usai digelar bincang sehat.

Medan | rakyatmedan – Sebagai wujud peran serta mengedukasi dalam upaya meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan, Pantai Hospital Penang dan FWD Life serta Medione (medical referral, medical evacuation, healthcare expert) menggelar bincang sehat tentang penyakit kanker di Hotel Aston Medan, Sabtu malam (01/12/2018)

Tampil sebagai pembicara Dato’ Dr T Aloysius Raj (spesialis Oncology RS Pantai Hospital Penang) memaparkan pemahaman tentang kanker dan penanganannya.

Dr Aloysius menjelaskan bagaimana mengenali kanker dan mendeteksinya sedini mungkin. Sebabsebagian besar penderita kanker baru menyadari keberadaan kanker pada tubuhnya setelah sampai pada tahap lanjut.

“Padahal jika kanker dapat diketahui atau dideteksi sejak dini, maka proses tindakan dan pengobatan yang dilakukan akan lebih mudah dan lebih murah jika dibandingkan pada kanker yang terdeteksi pada tahap lanjut,” katanya.

Dia mengungkapkan, 95 persen kanker yang bisa diatasi atau diobati adalah kanker stadium satu. Penderita kanker harus ditangani dari awal, karena kanker bisa diobati dari dini.

Dipaparkannya, kanker stadium awal sebenarnya tidak ada rasa sakit. Kalau sudah ada rasa sakit, maka itu adalah kanker stadium lanjut dan kemungkinan susah untuk diobati.

Untuk itu, menurutnya, sangat penting mengetahui dan mendeteksi gejala awal terjadinya kanker. Namun untuk mendeteksi kanker sejak dini tidaklah mudah.

Disebutkannya, pemeriksaan kesehatan yang rutin merupakan salah satu usaha untuk mendeteksi adanya kanker sejak dini dan itu lebih murah dan mudah sebelum terlambat.

“Upaya mencegah timbulnya penyakit kanker adalah untuk tidak merokok dan kurangi makanan berlemak serta jangan minum minuman yang mengandung alkohol,” tegasnya.

Sementara itu perwakilan MediOne, Cheryl Niryana menyebutkan, Pantai Hospital Penang merupakan bagian dari group besar Pantai Hospital & Gleneagles Malaysia yang berada di bawah naungan Parkway Pantai Malaysia dengan memiliki 14 rumah sakit yang tersebar di berbagai penjuru Malaysia antara lain di Kuala Lumpur, Penang, Ayer Keroh Melaka, Medini Johor Bahru bahkan sampai di Kota Kinabalu Sabah.

Fokus utama dan pusat keunggulan dari Pantai Hospital Penang yang merupakan satu-satunya rumah sakit di Malaysia Utara ini adalah stroke, jantung dan berbagai masalah pembuluh darah otak dengan menyediakan layanan darurat 24 jam untuk pasien stroke.

Stroke Centre di Pantai Hospital Penang bertujuan untuk memberikan penyelamatan positif bagi pasien stroke, meningkatkan kemungkinan pemulihan kembali, menyiapkan pusat terapi fisik dan terapi okupasi untuk pasien stroke dengan melakukan pelatihan rutin.

Semua layanan ini dapat ditemukan di pusat stroke tersebut dengan didukung peralatan memadai, team dokter dan team medis yang lengkap dan sangat berpengalaman untuk melayani pasien dengan pengobatan dan tindakan yang tepat.

Pantai Hospital Penang memiliki akreditasi Malaysia dan terletak sangat strategis. Selain berlokasi dekat dengan bandara internasional Penang juga terdapat akomodasi hotel dan apartment yang bisa ditempuh berjalan kaki serta tidak jauh dari Queensbay Mall yang merupakan pusat perbelanjaan yang sangat besar di Penang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi perwakilan dari Pantai Hospital & Gleneagles Malaysia Cheryl Niryana (MediOne) dengan call centre 0812-5618-1998. (rm-04)