Google mulai menggulirkan update untuk antarmuka pengguna aplikasi Google Play.
Google mulai menggulirkan update untuk antarmuka pengguna aplikasi Google Play.

Jakarta | rakyatmedan – Google telah mempersiapkan perubahan desain antarmuka pengguna aplikasi Google Play sejak awal tahun 2018. Baru pada bulan Desember ini, raksasa teknologi tersebut siap menggulirkan versi stabil dari perubahan tersebut ke masyarakat luas.

Desain baru ini mengadopsi pendekatan lebih sederhana, dengan tampilan lebih rapi dan lebih bergaya. Perubahan tersebut terlihat dari laci navigasi yang ini eksklusif hanya untuk aplikasi dan game.

Sementara itu, shortcut untuk aplikasi media seperti Play Movies & TV dan Play Music dipindahkan ke menu hamburger atau menu dengan ikon tiga garis horisontal yang tersusun, di bagian menu Settings.

Saat menelusuri menu secara lebih mendalam, pengguna akan menemukan tema antarmuka pengguna lebih terang, selaras dengan bahasa Material Design, yang telah Google fokuskan selama beberapa tahun terakhir.

Menu My apps & games serta Settings kini tampil dengan warna putih dan warna hijau sebagai warna aksen. Sayangnya, menu My apps & games kini tidak didukung oleh opsi pencarian di sudut kanan atas.

Menu Account juga menerima perubahan dengan tata letak baru, dan kini hadir dengan tampilan berupa tab, bukan daftar serupa tampilan sebelumnya. Sementara itu, menu Wishlist kini dikelompokan dengan menu Notifications dan Subscriptions di menu geser hamburger.

Versi baru ini hadir sebagai versi 12.6.13, dan pengguna dapat mengupdate dan melakukan restart pada aplikasi untuk dapat memperoleh pembaruan tersebut.