Siswa SMA BIM (3 dari kiri) foto bersama usai menerima hadiah sebagai juara I lomba karya tulis ilmiah yang digelar Balitbang Kota Medan

Medan | rakyatmedan – Prestasi demi prestasi diraih siswa SMP dan SMA Bangun Insan Mandiri (BIM). Bukan saja di tingkat lokal bahkan hingga internasional.

Terbukti Alvendo Tanio berhasil merebut juara 1 dalam kategori Maze Runner mengungguli para peserta lainnya yang berasal dari Malaysia dan Singapura,

“Kita bersyukur sekaligus bangga dengan berbagai prestasi yang diraih para peserta didik,” ungkap Kepala Sekolah SMP/SMA Bangun Insan Mandiri Roy Gun Tampubolon di sekolah itu Jalan Bambu II Medan, Rabu (5/12).

Didampingi Pembantu Kepala Sekolah (PKS) II Bidang Kegiatan dan Lomba John Martin Sinaga, Roy Gun menjelaskan, capaian keberhasilan itu juga tidak terlepas berkat dukungan pihak yayasan dan sekolah serta kegigihan dan kesungguhan para siswa.

Dijelaskan Roy, pihak sekolah mendorong siswa mengikuti berbagai kegiatan lomba untuk mengasah dan menumbuhkan jiwa kompetisi serta mengenalkan siswa pada metode ilmiah dan penelitian sehingga bisa memacu kemampuan inovasi.

Pada ajang lomba robotik yang digelar di Universitas Maranatha, Bandung, 23 November 2018 itu diikuti 80 tim. Sedangkan perguruan BIM mengikutkan 3 tim yang terdiri dari tim Ferdinand dan Henro, tim Ingvar dan Kevin Marvin serta tim ketiga Alvendo Tanio. 

John Martin Sinaga, PKS II Bidang Kegiatan dan Lomba menambahkan, keberhasilan tim robotik SMP/SMA BIM meraih juara 1 merupakan hasil kerja keras tim

“Dengan kemenangan ini, kami akan semakin mengembangkan club robotik. Kami juga akan ikuti lomba tingkat internasional lainnya,” katanya.

Keberhasilan Alvendo Tanio itu tak terlepas dari bimbingan Ponten Aritonang sebagai guru pembimbingnya.

Prestasi lainnya juga dirah Joe Nicholas merebut juara 1 di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bidang teknologi pangan tingkat Kota Medan.

Presentasi karya tulis ilmiah berjudul ‘Pemanfaatan Pati Biji Cempedak sebagai Subtitusi/Pengganti Tepung Tapioka dalam Pembuatan Bakso Sapi’ membuat Joe Nicholas menyisihkan 40 peserta dan masuk dalam 5 finalis yang akhirnya meraih  juara 1.

Disebutkannya, LKTI itu diadakan dalam rangkaian peringatan Hari Teknologi Nasional 2018 digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan yang selain diikuti pelajar juga mahasiswa maksimal program S-1 dan masyarakat umum kota Medan.

Disebutkan John tema lomba dibagi 2, untuk masyarakat umum dan pelajar. Pada tema ‘Inovasi Untuk Kemandirian Pangan’ diperuntukkan bagi masyarakat umum. Sedangkan tema ‘Kemandirian Pangan sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan’ untuk pelajar dan mahasiswa. (rm-04)