KUNJUNGAN KERJA. United States Agency for International Development (USAID) dan Kemenkumham RI melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Medan, Kamis (13/12). | foto: istimewa
KUNJUNGAN KERJA. United States Agency for International Development (USAID) dan Kemenkumham RI melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Medan, Kamis (13/12). | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – United States Agency for International Development (USAID) dan Kemenkumham RI melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Medan, Kamis (13/12).

Kunjungan ini disambut Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekretaris Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Medan Mansyur Syah diruang rapat II Kantor Walikota Medan, Kamis (13/12).

Dalam kunjungan ini, USAID akan mendukung Pemerintah Kota Medan dalam hal penanganan SP4N Lapor serta aplikasi Medan Rumah Kita mengenai pengaduan masyarakat untuk terus dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat serta masuk kedalam 3 besar dalam kompetisi SP4N Lapor yang diadakan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), dimana tahun ini Pemerintah Kota Medan masuk kedalam 15 besar.

Ketua Rombongan USAID, Diah Januarti menjelaskan, USAID ini merupakan badan pemerintah Amerika Serikat yang bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam menangani program kesehatan, pemerintahan serta lingkungan.

“USAID merupakan badan pemerintahan yang berasal dari Amerika Serikat yang nantinya akan bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan akan menjalankan berbagai program-program nantinya,” ucap Diah.

Lanjut Juhani selaku perwakilan USAID dari Amerika Serikat menjelaskan, bahwa akan mendukung Pemerintah Kota Medan dalam menangani SP4N Lapor dan penerapan aplikasi Medan Rumah Kita. Dan ingin mengetahui sejauhmana perkembangan Medan Rumah Kita dan didukung dengan sistem yang ada serta jenis-jenis aduan ataupun keluhan yang sering diterima.

“Kami mendukung upaya pemerintah untuk menerapkan SP4N Lapor ini. Dan juga perkembangan dalam aplikasi Medan Rumah kita mengenai keluhan apa saja yang diterima oleh Pemko Medan,” tutur Juhani.

Dalam kesempatan ini Mansyur menjelaskan bahwa SP4N Lapor ini memiliki admin dari masing-masing OPD yang berjumlah 2 orang untuk menangani keluhan dari masyarakat Kota Medan.

“Saya rasa SP4N Lapor ini sudah mulai terlaksana dari mulai bulan Januari 2018, dimana admin dari masing-masing OPD yang ada di Pemko Medan ini dan terdiri dari 2 orang untuk menangani keluhan masyarakat yang masuk ke SP4N Lapor,” kata Mansyur.

Tambah Sekretaris Kominfo, bahwa pengaduan yang masuk di SP4N Lapor dan Medan Rumah Kita akan masuk secara otomatis dan akan di jawab oleh operator SP4N Lapor dan Medan Rumah Kita. (rm-05)