Upacara di kuil India.
Upacara di kuil India.

New Delhi | rakyatmedan – Sebanyak 11 orang tewas akibat keracunan makanan pada perayaan keagamaan di kuil Hindu Kicchukatti Maramma, Kota Mysore, Negara Bagian Karnatakan, India.

Sementara itu 93 orang lainnya menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di kota itu. Sebanyak 29 di antaranya dalam kondisi serius.

“Sebanyak 11 orang tewas dan sejauh ini ada 93 lainnya yang dirawat di rumah sakit. Dari jumlah itu, 29 di antaranya dirawat mengggunakan ventilator,” kata KH Prasad, pejabat dinas kesehatan Distrik Chamraj Nagar, dikutip dari AFP, Sabtu (15/12).

Dari penyelidikan awal, lanjut Prasad, para korban kemungkinan keracunan nasi yang disajikan di acara tersebut.

“Sepertinya ada racun yang tercampur dengan nasi. Sampelnya telah dikirim untuk penelitian forensik,” ujarnya.

Para korban, kata Prasad, mengalami muntah-muntah, diare, dan gangguan pernapasan.

Polisi menjelaskan, para korban merupakan peserta konsekrasi. Mereka mengonsumsi nasi yang disajikan sebagai persembahan.

Murugappa, seorang peserta, mengatakan mereka ditawari nasi tomat dan air beraroma.

“Bau busuk berasal dari makanan, tetapi mereka yang di antrean depan mengonsumsi makanan itu. Beberapa saat kemudian mereka muntah dan mulutnya berbusa,” katanya.

Menteri Kepala Negara Bagian HD Kumaraswamy menyampaikan belasungkawa atas insiden itu dan memberikan kompensasi sebesar 500.000 rupee atau sekitar Rp101 juta kepada masing-masing keluarga korban.