MERESMIKAN. Asisten Umum, Ikhwan Habibi Daulay saat meresmikan Gedung Laboratorium Bahasa di SMP Negeri 41 Medan, Jalan Bunga Ncole, Senin (17/12). | foto: istimewa
MERESMIKAN. Asisten Umum, Ikhwan Habibi Daulay saat meresmikan Gedung Laboratorium Bahasa di SMP Negeri 41 Medan, Jalan Bunga Ncole, Senin (17/12). | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Kompetisi Global membutuhkan keterampilan berbagai aspek, salah satunya aspek penting yang harus dikuasai adalah penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya. Untuk itu, laboratorium Bahasa ini sangat penting untuk para siswa belajar dan menguasai bahasa asing.

Hal ini disampaikan Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si MH dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Umum, Ikhwan Habibi Daulay saat meresmikan Gedung Laboratorium Bahasa di SMP Negeri 41 Medan, Jalan Bunga Ncole, Senin (17/12).

Diharapkan dengan adanya laboratorium bahasa di SMP Negeri 41 Medan ini, ditambahkan walikota, lulusan dari sekolah ini nantinya dapat bersaing secara global dengan penguasaan bahasa asing yang mumpuni.

”Inilah yang dinamakan sekolah memberikan tidak hanya ilmu namun juga keterampilan. Bahasa sendiri bukan hanya merupakan ilmu melainkan sebuah keterampilan. Tidak hanya bahasa asing, lab ini juga diharapkan nantinya memberikan edukasi dan keterampilan berbahasa Indonesia selaku bahasa pemersatu jangan diabaikan,” ujarnya.

Selanjutnya, walikota yang disambut dengan lantunan Shalawat oleh Tim Nasyid SMP Negeri 4 Medan ini menambahkan, sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap tentu menjadi nilai jual dan nilai lebih dalam proses Belajar-mengajar. Artinya keberadaan laboratorium ini sangat penting guna menunjang proses belajar mengajar.

Untuk itu, laboratorium Bahasa Asing yang bersifat Multimedia merupakan salah satu jalan bagi guru dan pelajar untuk terus berkembang. Artinya guru yang kreatif pasti akan dapat memanfaatkan aneka jenis program pelajaran bahasa asing. Meskipun nantinya Laboratorium ini mengajarkan bahasa asing, akan tetapi bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa jangan sampai diabaikan.

“Saya berharap Laboratorium Bahasa ini dapat mampu mempercepat akselerasi kemajuan seluruh pelajar. Selain itu, saya juga berharap SMP Negeri 41 Medan dapat membantu Pemerintah Kota Medan untuk menciptakan Kota Medan rumah kita dengan mempelajari bahasa asing namun tetap melestarikan bahasa daerah terutama bahasa Indonesia”, ungkap walikota.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 41 Medan Drs. Marolop Hutagaol, SPd, dalam sambutannya mengatakan, pihak sekolah terus berusaha agar SMP Negeri 41 Medan memiliki fasilitas Laboratorium Bahasa, dan usaha tersebut berhasil, berkat bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Pemerintah Kota Medan, SMP Negeri 41 Medan saat ini telah memiliki fasilitas Laboratorium Bahasa.

“Saat ini gedung laboratorium Bahasa telah berdiri, kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Pemerintah Kota Medan atas bantuannya. Semoga dengan adanya laboratorium Bahasa ini siswa – siswi kami dapat lebih semangat belajar dan dapat meraih prestasi”, katanya.

Dijelaskannya, SMP Negeri 41 Medan dengan jumlah Siswa sebanyak 758 yang dibagi menjadi 21 ruangan belajar ini, di tahun depan masih membutuhkan komputer dan peralatan penunjang lainnya untuk memperlengkap laboratorium bahasa ini.

Peresmian Gedung Laboratorium Bahasa SMP Negeri 41 ini ditandai dengan penekanan tombol Sirene oleh Asisten Umum, Plt Kadis Pendidikan Ramlan Tarigan, Kadis Perpustakaan dan Arsip, Drs Darussalam Pohan, Kepala Sekolah SMP Negeri 41 Medan, Drs Marolop Hutagaol SPd dan Ketua Komite Sekolah, Kuat Surbakti. Kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan Peninjauan Laboratorium Bahasa SMP Negeri 41 Medan. (rm-05)