Dekan FH UMA Dr Rizkan Zulyadi SH MH (kanan) menyerahkan hadiah kepada pemenang MTQ antarmahasiswa UMA dan pelajar SLTA se-Kota Medandi Masjid At-Taqwa Kampus I UMA, Jalab Kolam Medan Estate.  

Medan | rakyatmedan – Dekan Fakultas Hukum Universitas Medan Area (UMA) Dr Rizkan Zulyadi SH MH menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antarmahasiswa UMA dan pelajar SLTA se-Kota Medan dan sekitarnya di Masjid At-Taqwa Kampus I Jalan Kolam Medan Estate.

Hadir dalam acara penutupan digelar Ikatan Mahasiswa Islam FH UMA itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FH UMA Ridho Mubarak SH MH, Kepala Bidang Kepidanaan Wessy Trisna SH MH, Dewan Juri Ustaz Muhammad Nazri SPdI dan Ustaz Alifiah Margolang, serta pengurus Pusat Islam (PI) UMA.

Dekan FH UMA Rizkan Zulyadi menyatakan bangga terhadap pemuda-pemudi Islam yang mencintai Alquran, mampu membacakan ayat Alqur-an secara tilawah dengan baik dan merdu untuk didengar.

“Kami berharap qari dan qariah, baik yang menang maupun yang tidak menang terus giat berlatih dan mencintai Alquran. Semoga acara yang mulia ini mendapatkan keridhoan dari Allah SWT,” kata Rizkan Zulyadi, Kamis (20/12)
    
Dewan Juri Ustaz Muhammad Nazri yang juga juara Hifzhi al-Quran al-Karim wa Tajwidih Internasional di Tunisia dalam sambutannya berharap, MTQ ini meningkatkan kreativitas mahasiswa dan pelajar dalam bidang agama. 

Selain itu, kata dia, menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap Islam, menjaga dan melestarikan ajaran juga nilai-nilai Alquran sebagai pendoman hidup, serta melestarikan budaya budaya bangsa dengan Alquran.

Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSi saat pembukaan kegiatan itu sehari sebelumnya berharap, MTQ menghasilkan mahasiswa dan pelajar yang memiliki kemampuan membaca Alquran dengan baik dan benar sesuai dengan mahroj, tajwid dan langgam atau tilawah.

 “Kami berharap MTQ ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan pelajar. Ke depan peserta bisa mengikuti MTQ yang lebih tinggi lagi,” kata rektor seraya berharap kegiatan yang digelar Fakultas Hukum ini menjadi agenda tetap dan pesertanya ke depan lebih banyak lagi.  

Pemenang MTQ tingkat mahasiswa, juara I diraih oleh Nadila Fitriani (Fakultas Psikologi), juara II Gustiranda Marpaung (Fakultas Teknik), dan juara III Setiawan (Fakultas Pertanian).
      
Untuk tingkat pelajar, juara I Siti Azzahra (SMA Negeri 7 Medan), juara II Putri Prilia Saragih (MAN 2 Model Medan), dan juara III Muhammad Chaidir dari MAN Binjai. (rm-04)