TEMU GALANG 2018. Sebanyak 498 anggota pramuka yang berasal dari seluruh Kwartir Ranting (Kwaran) mengikuti acara Temu Galang 2018 di Bumi Perkemahan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata Medan yang akan berlangsung selama dua hari, 19-20 Desember. | foto: istimewa
TEMU GALANG 2018. Sebanyak 498 anggota pramuka yang berasal dari seluruh Kwartir Ranting (Kwaran) mengikuti acara Temu Galang 2018 di Bumi Perkemahan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata Medan yang akan berlangsung selama dua hari, 19-20 Desember. | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Sebanyak 498 anggota pramuka yang berasal dari seluruh Kwartir Ranting (Kwaran) mengikuti acara Temu Galang 2018 di Bumi Perkemahan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata Medan yang akan berlangsung selama dua hari, 19-20 Desember. Kegiatan ini digelar dalam rangka mempererat dan membangun semangat antar pramuka penggalang di Kota Medan.

Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan HM. Husni diwakili Sekretaris Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Zul F. Ahmadi membuka Temu Galang 2018 tersebut. Selain perkemahan, Temu Galang 2018 diisi dengan sejumlah perlombaan dan kegiatan yang bertujuan membangun semangat dan kekompakan.

Dalam sambutan tertulisnya, Husni mengatakan, Temu Galang 2018 dibuat dengan metode berkemah.

“Tujuannya untuk menarik dan menantang para penggalang muda agar mereka dapat menumbuhkembangkan penghargaannya terhadap bangsa dan negara dengan melibatkan penggalang dewasa yang berperan sebagai pembina,” kata Husni.

Selanjutnya Husni mengajak dan mengingatkan agar seluruh pramuka penggalang untuk senantiasa mencintai alam serta menumbuhkembangkan rasa kasih sayang antar sesama manusia dan berfokus pada pembentukan karakter. Itu sebabnya selama perkemahan berlangsung, Husni berharap agar seluruh peserta selalu menjaga kebersihan dan saling tolong menolong.

“Terkait dengan kecintaan terhadap alam dan kebersihan lingkungan, melalui kegiatan ini, saya mengajak kita semua agar peduli dengan kebersihan lingkungan. Saya ingin pramuka memberi kontribusi dan sumbangsih bagi kebersihan di Kota Medan. Sebagai langkah awal, mari kita jaga kebersihan Taman Pramuka Cadika selama mengikuti Temu Galang 2018 sehingga siapa pun yang datang dan melakukan aktifitas di sini (Taman Cadika) tetap merasa nyaman,” pesannya.

Pembukaan Temu Galang 2018 berlangsung cukup meriah. Selain diiringi dengan lantunan puisi yang syahdu, juga diwarnai dengan pelepasan puluhan lampion. Setelah itu dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta kepada dua pramuka penggalan secara simbolis yang dilakukan Zul F Ahmady selaku Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Gerakan Kwarcab Pramuka Kota Medan.

Kemudian dilanjutkan dengan penyalaan api unggun dan dilanjutkan dengan pesta kembang api. Acara pembukaan dipungkasi dengan hiburan berupa tarian multi etnis serta musik yang diterangi dengan cahaya api unggun. Temu Galang 2018 diikuti 32 tim putra putri serta 98 pramuka penggalang dewasa sehingga total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 498 peserta. (rm-05)