Medan | rakyatmedan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara melakukan sosialisasi pemilu yang akan dilaksanakan serentak pada 17 April 2019.

Pada sosialisasi itu KPU menggandeng Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melalui ajang “KPU Goes to Campus” di aula gedung B kampus tersebut Jalan Mukhtar Basri Medan.

Sosialisasi yang dibuka Wakil Rektor III UMSU Dr. Rudianto MSi itu menghadirkan narasumber Komisioner KPU Ira Wartati, Dr. Arifin Saleh, MSP dari UMSU yang diikuti mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi UMSU.

Dr. Rudianto dalam pembukaan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan panitia menggelar kegiatan ini di kampus UMSU. 

“Kami senang diadakannya sosialisasi ini. Diharapkan  kerjasama yang baik akan terus terjaga untuk kebaikan bersama,” ujarnya, Sabtu (29/12/2018).

Rudianto menambahkan kegiatan ini sebagai partisipasi UMSU dalam membangun demokrasi di Indonesia melalui pendidikan politik dan edukasi terhadap pemilih pemula Sumut.

Disebutkannya, sebagai institusi pendidikan, UMSU tidak mengizinkan aktivitas politik kandidat, tetapi tidak melarang aktivitas edukasi pemilu bagi pemilih pemula.

“Kami sangat mendukung kegiatan itu mengingat mahasiswa kita 21.000 itu sebagian besar adalah pemilih pemula dan sebagian adalah baru pertama sekali melakukan pencoblosan pada 17 April 2019 nanti,” katanya.

Menurut Dr Rudianto, sinergi antara perguruan tinggi dengan KPU tentu sangat diperlukan agar pemilu punya perspektif yang positif terkait penyelenggaraan pemilu dan punya kepercayaan diri untuk memberikan hak suaranya.

Sementara itu Ira Wartati Komisioner KPU Sumut menjelaskan, untuk pelaksanaan Pemilu serentak pada 17 April 2019 mendatang, KPU melakukan beberapa gebrakan di antaranya sosialisasi dengan mendatangi kampus-kampus dengan program KPU Goes to Kampus.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari bagaimana kami bisa berdialog langsung dengan pemilih sehingga bisa memotivasi agar menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Ira mengatakan, KPU juga mendatangi seluruh SLTA sederajat, serta melakukan sosialisasi dengan mendatangi beberapa segmen masyarakat pemilih perempuan marginal.

Selain itu ke lapisan masyarakat dengan basis keluarga juga  perkumpulan warga serta organisasi kemasyarakatan perwiritan ke tempat-tempat ibadah.

Ira menambahkan partisipasi pemilih di Sumatera Utara dari tahun ke tahun semakin meningkat, seperti pelaksanaan pilgubsu.

“Ke depan pelaksanaan Pemilu serentak KPU Pusat punya target 77,5%, sehingga target ini kita upayakan minimal mencapai target yang diberikan pemilih milenial yang mencapai 30%,” sebutnya. (rm-04)