Gempa Bumi M5,2 di Barat Daya Nias Barat. | foto: istimewa
Gempa Bumi M5,2 di Barat Daya Nias Barat. | foto: istimewa

Jakarta | rakyatmedan – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 terjadi di sebelah barat daya Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara sekira pukul 15.15 WIB, Sabtu (29/12).

Pusat gempa bumi terletak 31 kilometer di sebelah barat daya Nias Barat, pada kedalaman 22 km.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kasbani mengatakan bahwa gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami.

“Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena meskipun berpusat di laut namun energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi di bawah laut,” tandas Kasbani.

Kasbani juga menjelaskan, gempa bumi ini berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

“Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” jelas Kasbani.

Menurut PVMBG, berdasarkan kondisi geologi daerah terdampak gempa bumi, pusat gempa bumi berada di perairan barat Pulau Nias, Sumatra utara. Wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi adalah Pulau Nias yang disusun oleh batuan tua atau berumur Pra-Tersier hingga Tersier.

“Batuan berumur Kuarter serta batuan berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan bersifat urai, lepas, belum kompak dan bersifat memperkuat efek guncangan gempa bumi,” tambah Kasbani.

Kasbani pun mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD. “Masyarakat jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami dan tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil,” pungkas Kasbani.