Medan | rakyatmedan – Mahrizal Masri, MT, IPM, AE dan Wakil Rektor I Dr. Ir. Hermansyah Alam, MT, MM, IPM, AE mengikuti pertemuan tahunan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018 yang  mengangkat thema “Sinergi Untuk Ketahanan dan Pertumbuhan”

“Kami mengapresiasi dan berterimakasih dengan memenuhi undangan acara tahunan BI itu,” kata Mahrizal di kampus ITM Jalan Gesung Arca Medan, Senin (31/12).

Disebutkan Mahrizal, pada acara tersebut dirangkai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pengembangan Klaster Batik Sumut antara Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatera Utara.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Setdaprov Sumut Ibnu Sri Hutomo, sejumlah bupati dan walikota se-Sumut, Ketua Dekranasda Sumut Nawal Edy Rahmayadi, pimpinan perbankan, akademisi, dan sejumlah lembaga lainnya.

Deputi Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara, Demina R. Sitepu mengatakan, program pengembangan Klaster Batik Sumut tersebut bertujuan untuk mendukung terciptanya industri kreatif melalui pendekatan kelompok.

“Produk Batik Sumut diharapkan mampu menembus pasar ekspor melalui pemanfaatan e-commerce guna mendukung pengelolaan traksaksi berjalan serta pengembangan ekonomi dan keuangan Indonesia,” terang Demina.

Pjs Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Hilman Tisnawan menjelaskan, dalam rangka mendorong perekonomian daerah, Bank Indonesia berperan aktif dalam meningkatkan kapasitas UMKM.

“Kami melakukan pembinaan klaster untuk komoditas-komoditas yang dapat meningkatkan ekspor Sumut seperti Klaster Tenun di Kota Medan, Kelompok Pengrajin Local Economic Development (LED), She’s Craft Desa Besitang, Klaster Kopi di Kabupaten Karo, dan Klaster Desa Pesisir di Kabupaten Serdang Bedagai,” jelasnya.

Ia menuturkan, selanjutnya kedepan Bank Indonesia juga berharap klaster batik yang baru saja dilaunching dapat memperkuat identitas Sumut.

Sekretaris Kota Medan Ir. Wiriya Al Rahman, MM  mewakili Walikota Medan menyampaikan apresiasinya atas usaha Bank Indonesia dalam upaya menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS serta mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan dengan menjual berbagai batik khas Sumatera Utara.

Sekda berharap dengan diadakannya kick off pengembangan Klaster Batik Sumut ini mendapat dukungan dari stakeholder sehingga dapat meningkatkan perekonomian Sumut dan nantinya dapat berkontribusi dengan sektor pariwisata Sumut serta dapat meningkatkan devisa negara.

Acara ini dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumut Nawal Lubis di dampingi Sri Ayu Mihari (rm-04)