Ribuan Warga Kota Medan dari berbagai penjuru memenuhi Lapangan Benteng, Senin (31/12) malam. | foto: istimewa
Ribuan Warga Kota Medan dari berbagai penjuru memenuhi Lapangan Benteng, Senin (31/12) malam. | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Ribuan Warga Kota Medan dari berbagai penjuru memenuhi Lapangan Benteng, Senin (31/12) Malam. Kehadiran warga dengan penuh antusias ini guna mengikuti Dzikir dan Doa yang digelar Pemerintah Kota Medan dalam rangka menyambut Tahun baru 2019.  Selain dzikir dan doa kegiatan ini juga diisi Tausiyah Al Ustad Riza Muhammad.

Acara Dzikir dan doa yang diawali dengan lantunan ayat suci Alquran ini dihadiri Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si MH, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, SH,M.H, Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli, Al Ustad Samin Pane, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman, Unsur Forkominda Kota Medan, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismansyah, dan Kakankemenag Kota Medan, H. Al Ahyu serta tokoh agama.

Dalam sambutannya, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si MH mengatakan, kegiatan dzikir dan doa yang digelar dalam rangka menyambut Tahun baru 2019 ini merupakan bentuk kepedulian kepada para korban bencana alam yang kerap terjadi beberapa waktu lalu di sejumlah wilayah di Indonesia. Diharapkan melalui kegiatan ini Kota Medan tetap mendapatkan lindungan Allah SWT dari berbagai musibah.

“Dari pada kegiatan hura-hura yang sia-sia dan menyimpang dari ajaran agama, lebih baik kita berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Selain berdoa agar musibah yang dialami seluruh saudara-saudara kita segera berlalu, kita juga berdoa untuk kebaikan Kota kita tercinta Karena Medan Rumah Kita,” kata walikota.

Sebelumnya, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, kegiatan ibadah dalam menyambut tahun baru ini sangat baik, sebab dapat menghindari warga dari kegiatan yang tidak bermanfaat. Selain itu kegiatan ini juga dapat mengurangi beban Aparatur Keamanan sebab pergantian tahun diisi dengan kegiatan yang positif.

“Di tahun depan kita akan menghadapi Pelaksanaan Pilpres dan Pileg, tentunya kita berharap keamanan dan ketertiban kota Medan akan tetap terjaga dengan sinergitas seluruh pihak. Mari kita jaga persaudaraan dan persatuan,” kata Kapolrestabes Medan.

Kemudian sebelum tausiah Ustad,  kegiatan dilanjutkan dengan acara Dzikir, terlihat seluruh warga dan Undangan yang berhadir khusyuk mengikuti Dzikir yang dipandu Ipqoh Kota Medan. 

Dalam tausiyahnya Al Ustad Riza Muhammad menjelaskan, bahwa ada dua nikmat yang manusia lupa mensyukurinya, yakni nikmat sehat dan nikmat iman. Oleh sebab itu mari kita senantiasa bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan.

Menurut Al Ustad, sebagai umat islam Jadilah orang yang berbuat baik dan bertaqwa. Selain dekat dengan Allah, orang itu juga akan dimurahkan rezekinya. Artinya Ada tiga kriteria orang yang dirahmati Allah, yakni orang yang beriman, orang yang berhijrah untuk kebaikan dan orang-orang yang istiqomah. Dengan demikian jika Allah merahmati orang-orang di suatu negeri maka negeri tersebut akan mendapatkan keberkahan.

Dijelaskan Ustad Riza Muhammad, Bencana datang karena banyak maksiat, jelang tahun baru alat kontrasepsi laku terjual. Untuk itu Ustad mengajak, seluruh jemaah yang hadir untuk menjauhi segala bentuk maksiat dan terus meningkat keimanan dan ketakwaan kepada Allah.

“Apabila umat di suatu negeri beriman dan bertaqwa, maka Allah akan menurunkan keberkahan kepada negeri tersebut. Sebaliknya apabila umat tidak beriman dan selalu berbuat maksiat, Allah akan menurunkan azabnya dalam bentuk bencana”, kata Al Ustad Riza Muhammad.

Selanjutnya Acara ini ditutup dengan doa bersama dari tokoh Lintas agama yang dilakukan MUI Kota Medan bersama Forum Kerukunan Umat Beragama. Doa bersama untuk kebaikan dan kemajuan kota Medan kedepannya. (rm-05)